Penyebab Penyakit Sinusitis Yang Harus Diketahui

Penyebab Penyakit Sinusitis – Selain gejala, sangat penting juga untuk Anda mengetahui faktor penyebab penyakit sinusitis.

Mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan penyakit sinusitis membuat Anda bisa melakukan upaya pencegahan dengan cara menghindari faktor penyebabnya.

Karena bagaimanapun, mencegah lebih baik dari mengobati.

Inilah Penyebab Penyakit Sinusitis Yang Harus Diketahui

Penyebab Penyakit Sinusitis

Ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan Anda menderita penyakit sinusitis, dan flu adalah salah satunya.

Flu atau influenza yang disebabkan oleh virus maupun bakteri ini menjadi penyebab sinusitis paling umum.

Selain infeksi virus dan bakteri, ada faktor lainnya yang juga dapat menyebabkan penyakit sinusitis, seperti:

  1. Polip hidung
  2. Deviasi septum hidung
  3. Alergi, baik rhinitis alergi, hay fever, maupun alergi lainnya
  4. Menderita penyakit asma

Selain penyebab sinusitis, Anda juga harus tahu faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk menderita penyakit sinusitis yang meliputi:

  1. Berenang dan menyelam. Perlu Anda tahu, klorin dalam kolam renang dapat mengiritasi lapisan hidung dan sinus, sedangkan iritasi akibat menyelam disebabkan oleh tekanan yang mendorong air masuk ke sinus
  2. Kondisi medis seperti adanya Cystic fibrosis, iritasi gigi, serta kelainan hidung, baik kelainan bawaan sejak bayi maupun kelainan tulang hidung karena kecelakaan
  3. Lemahnya sistem kekebalan tubuh dan tumbuhnya jamur Aspergillus pada sinus (tempat yang gelap dan lembap seperti sinus merupakan tempat favorit jamur)
  4. Rongga hidung terlalu kering
  5. Penggunaan obat semprot hidung dalam waktu yang lama dapat menyebabkan infeksi pada sinus. karenanya, pastikan Anda menggunakan obat semprot hidung dekongestan sesuai petunjuk dokter
  6. Merokok. Perlu Anda tahu juga, bahwa rokok tidak hanya memicu kanker, tapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pembersih alami sinus, termasuk merusak kemampuan dinding sinus untuk menyerap udara yang sehat
  7. Polusi udara / udara kotor. Partikel zat kimia maupun debu yang masuk ke dalam hidung dapat menyebabkan peradangan pada rongga sinus
  8. Naik pesawat juga termasuk faktor yang dapat memicu sinusitis, bahkan memperburuk sinusitis yang sebelumnya sudah Anda derita. Ini karena tekanan di dalam pesawat bisa menyebabkan rongga sinus Anda tidak mendapatkan aliran udara yang cukup. Kondisi ini paling sering terjadi ketika pesawat sedang lepas landas dan mendarat.

Nah, itulah beberapa penyebab penyakit sinusitis dan juga faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk menderita sinustis.

Semoga, dengan adanya artikel ini, Anda menjadi lebih peduli dan lebih peka lagi dengan kondisi kesehatan Anda. Karena, kalau bukan Anda yang perduli dengan kesehatan tubuh Anda, siapa lagi?

Menghindari faktor penyebab sinusitis bukan astu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit sinusitis. Anda juga sebaiknya melakukan:

  1. Perubahan pada gaya hidup Anda (menjadi lebih sehat)
  2. Menghindari konsumsi junk food
  3. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur
  4. Menguasai stres dan rasa cemas yang berlebihan
  5. Cukup istirahat
  6. Olahraga
  7. Bila perlu, konsumsi obat sinusitis alami yang pastinya aman untuk tubuh Anda dan tidak menyebabkan efek samping.

Terima kasih sudah menyimak artikel kesehatan penyebab penyakit sinusitis di atas. Semog, artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Jangan lupa untuk bantu share ke medsos Anda, ya!

Salam Sehat
Www.QnCObatAsamUrat.Com