Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Mengingat betapa pentingnya ginjal untuk kesehatan tubuh, Anda sebaiknya mengetahui apa saja yang menjadi penyebab penyakit gagal ginjal akut maupun kronis. Sehingga, Anda bisa meminimalisir risiko untuk menderitanya.

Penyakit gagal ginjal akut maupun kronis menjadi salah satu gangguan paling serius yang terjadi pada ginjal Anda. Untuk menggantikan fungsi ginjal dalam membersihkan darah, penderita gagal ginjal harus melakukan dialisis atau cuci darah dengan bantuan mesin.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Sumber Gambar : www.CNNIndonesia.com

Bisa dibayangkan, barapa biaya yang harus Anda keluarkan setiap kali melakukan cuci darah? belum lagi jika harus melakukannya seminggu dua kali atau lebih.

Maka dari itu, saya rasa melakukan pencegahan dengan menghindari penyebabnya bisa menjadi solusi untuk menekan risiko Anda terkena penyakit gagal ginjal dikemudian hari.

Lalu, apa sajakah faktor-faktor yang dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal beserta faktor yang dapat meningkatkan risikonya? Berikut rangkumannya.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Akut dan Kronis

Selain gejala awal penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui, Anda juga disarankan untuk mengetahui penyebab penyakit gagal ginjal dan faktor risikonya. Dengan demikian, Anda memiliki peluang yang besar untuk terhindar dari penyakit tersebut.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit gagal ginjal, termasuk kebiasaan makan dan gaya hidup secara keseluruhan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab penyakit gagal ginjal dan faktor-faktor yang dapat meningkatkan risikonya:

  1. Mengkonsumsi obat kimia tertentu dalam jangka waktu yang lama
  2. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol, soda, dan protein secara berlebihan
  3. Sering minum teh atau kopi secara berlebihan
  4. Kurang asupan mineral dan vitamin
  5. Kurang minum air putih
  6. Infeksi virus dan bakteri, termasuk infeksi saluran kemih
  7. Menggunakan obat-obatan terlarang
  8. Terlalu banyak konsumsi garam maupun gula
  9. Stres
  10. Kebiasaan minum sambil berdiri yang dapat merusak saringan ginjal
  11. Kurang istirahat

Selain faktor-faktor di atas, penyakit gagal ginjal juga bisa dipicu oleh penyakit lainnya, seperti:

  1. Lupus
  2. Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  3. Diabetes atau kencing manis
  4. Penyakit jantung
  5. Penyakit imune
  6. Kista ginjal / Polycystic Kidney Disease (PKD)

Sistem kekebalan tubuh yang lemah, usia yang semakin bertambah, riwayat kesehatan keluarga, serta jenis kelamin dan ras juga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit gagal ginjal.

Apabila Anda ingin terhindar dari penyakit gagal ginjal. Mulailah merubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat, termasuk rutin olahraga dan melakukan medical check-up secara berkala. Sehingga, saat ada keanehan yang tubuh Anda rasakan, bisa segera terdeteksi.

Ingat. Bahwa, pengobatan gagal ginjal yang dilakukan sedini mungkin dapat meningkatkan peluang Anda untuk sembuh dan pulih kembali. Risiko kerusakan ginjal yang lebih parah juga dapat dihindari.

Demikianlah rangkuman informasi mengenai penyebab penyakit gagal ginjal di atas saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi syariat untuk Anda terhindar dari penyakit gagal ginjal yang berbahaya ini.

Salam Sehat
Supported By : www.qncobatasamurat.com

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.