Penyebab Munculnya Jerawat dan Cara Mencegahnya

Penyebab Munculnya Jerawat – Apakah Anda sudah mengetahui faktor apa saja yang membuat Anda sering berjerawat? Belum tahu? Yuk, kita cari tahu apa saja penyebab jerawat dan cara mencegahnya hanya di sini.

Penyebab Munculnya Jerawat dan Cara Mencegahnya

Jerawat merupakan kondisi paling umum yang terjadi pada kulit. Artinya, hampir sebagian besar pernah mengalami masalah jerawat, entah itu di wajah, di leher, di punggung, di dada, atau bahkan di kulit kepala.

Penyebab Munculnya Jerawat dan Cara Mencegahnyagambar ilustrasi wajah yang berjerawat

Terkadang, jerawat ini muncul tidak hanya satu, tapi bergerombol. Kalau sudah begitu, agak susah untuk mengatasinya, apalagi jika ukuran jerawatnya besar-besar. Ngeri yang ada.

Selain mempengaruhi penampilan dan juga rasa percaya diri penderitanya, jerawat juga bisa terasa gatal, bahkan terasa nyeri apabila di sentuh. Dan, tidak sedikit yang meninggalkan bekas noda hitam di wajah sampai dengan bopeng.

Nah, agar wajah dan bagian tubuh Anda lainnya bebas dari jerawat, pastikan Anda untuk mengetahui penyebab munculnya jerawat. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pencegahan sedini mungkin agar jerawat tidak muncul lagi.

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat dan kebiasaan yang membuat jerawat Anda betah lama-lama menetap di kulit Anda.

Inilah Penyebab Munculnya Jerawat dan Beberapa Kebiasaan Yang Membuat Jerawat Anda Susah Hilang

1. Perubahan Hormon

Penyebab jerawat yang pertama adalah karena perubahan hormon. Beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi perubahan hormon adalah ketika menstruasi. Tidak heran apabila jerawat lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki.

2. Stres

Tidak hanya saat menstruasi saja, saat Anda mengalami stres, tubuh dapat memproduksi hormon secara berlebihan. Hormon tersebut dapat memicu tumbuhnya p.acne yang merupakan bakteri penyebab jerawat.

3. Penyumbatan Pada Pori-Pori Kulit

Penyebab selanjutnya karena pori-pori kulit Anda tersumbat, baik akibat kotoran, polusi yang menempel dan faktor lainnya.

Pori-pori yang tersumbat bisa membuat kelenjar minya memproduksi sebum lebih banyak. Sebum yang bercampur dengan bakteri dapat memicu tumbuhnya jerawat.

4. Make Up

Penyebab Munculnya Jerawat

Penggunaan make up yang berlebihan, apalagi jika tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, juga bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah Anda. Dan, pastikan make up Anda dalam kondisi baik (tidak kadaluarsa)

5. Masa Pubertas

Masa pubertas yang di alami oleh remaja ini juga bisa meningkatkan hormon testosteron. Kondisi ini juga yang mempengaruhi tingginya produksi sebum oleh kelenjar minyak. Dan terkadang, produksi sebum tersebut melebihi kuantitas yang dibutuhkan oleh kulit.

6. Genetik / Keturunan

Risiko Anda untuk mengalami masalah jerawat lebih besar apabila Anda juga memiliki orang tua dengan masalah jerawat. Bahkan, tingkat keparahan jerawat Anda bisa lebih tinggi, terutama sebelum memasuki usia dewasa.

7. Efek Samping Obat-Obatan

Beberapa obat, seperti lihium, steroid, dan antiepilepsi, serta suplemen vitamins B2, B6, dan B12 juga dapat menyebabkan efek samping berupa jerawat.

Beberapa Kebiasaan Yang Membuat Jerawat Susah Hilang dan Muncul Lagi

Selain penyebab munculnya jerawat, pastikan Anda juga mengetahui kebiasaan yang bisa membuat jerawat Anda bertahan lama dan kembali lagi kembali lagi. Ini dia kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari saat berjerawat:

  1. Memencet jerawat
  2. Terlalu sering mencuci wajah
  3. Menggunakan ponsel yang kotor
  4. Menggunakan make-up berlebihan
  5. Jarang mengganti sprei dan sarung bantal yang kotor
  6. Mengkonsumsi makanan yang dapat memicu jerawat
  7. Produk rambut yang menetes pada wajah
  8. Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari
  9. Kurang telaten mengobati jerawat

Solusi Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat Tanpa Meninggalkan Bekas

Nah, agar jerawat tidak kembali lagi, ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah. Cara mencegah jerawat kembali lagi tersebut meliputi:

  1. Menghindari menggunakan make up secara berlebihan
  2. Cek masa kadaluarsa make up Anda
  3. Rajin membersihkan muka, tapi tidak berlebihan
  4. Pastikan Anda selalu membersihkan make up sebelum tidur
  5. Menggunakan pelembap secukupnya
  6. Jangan terlalu sering memegang muka dengan tangan
  7. Memperhatikan rambut Anda. Mulailah peduli dengan shampo dan konditioner yang Anda pakai
  8. Menghindari terkena paparan sinar matahari secara langsung
  9. Mengelola stres
  10. Banyak konsumsi air putih
  11. Rajin olahraga
  12. Istirahat yang cukup
  13. Tidak mengkonsumsi makanan berminyak dan junk food
  14. Menggunakan masker alami

Untuk masker, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah Anda, misalnya: tomat, mentimun, alpukat, dan bahan lainnya.

Nah, selain menggunakan bahan alami di atas, Anda juga bisa menggunakan masker dari obat herbal alami QNC JELLY GAMAT yang dibuat dari teripang emas yang kaya akan kolagen (80.0%).

Cara Mencegah Jerawat

Selain berkhasiat sebagai anti-aging, QnC jelly gamat ini berkhasiat untuk mengeringkan dan menyembuhkan jerawat tanpa meninggalkan bekas. Bagi Anda yang berminat dan ingin tahu lebih lengkap mengenai khasiat QnC jelly gamat dalam menumpas jerawat, silakan klik ⇒ Cara Mengobati Jerawat Dengan Efektif Cepat Tanpa Meninggalkan Bekas

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab munculnya jerawat dan cara mencegahnya agar tidak kembali lagi yang bisa saya share di sini. Semoga, artikel ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

_Salam Sehat_

Penyebab Munculnya Jerawat dan Cara Mencegahnya Secara Alami

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.