Penyebab Keputihan Abnormal yang Berbahaya

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab keputihan tidak normal dan berbahaya seperti yang Anda derita saat ini.

Jika Anda mengetahuinya, Anda bisa melakukan antisipasi agar keputihan abnormal yang Anda derita tidak kembali lagi. Bahkan, dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa melakukan pencegahan sedini mungkin. Sehingga, Anda bisa terhindar dari kondisi yang lebih parah.

Bagi Anda yang sudah penasaran, di bawah ini adalah rangkuman informasi mengenai penyebab penyakit keputihan juga faktor risiko dan pemicunya.

Penyebab Keputihan

Inilah Faktor Penyebab Keputihan Abnormal yang Berbahaya

Bacterial vaginosis adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan tidak normal. Di mana terjadi peningkatan bakteri anaerob (bakteri jahat) yang hidup di vagina.

Selain itu, beberapa penyebab keputihan lainnya adalah:

  1. Bakteri penyebab penyakit infeksi menular seksual (IMS), seperti chlamydia dan gonore
  2. Infeksi parasit Trichomonas vaginalis
  3. Infeksi jamur pada vagina
  4. Penyakit herpes genital
  5. Ragi monilia akibat pH di vagina yang tidak seimbang
  6. Stres dan kelelahan
  7. Penggunaan IUDs

Selain faktor-faktor di atas, Anda juga harus mengetahui faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena keputihan abnormal yang berbahaya, seperti:

  1. Penggunaan celana dalam yang terlalu ketat. Sehingga area vagina menjadi lembap
  2. Sering menggunakan toilet umum yang tidak terjaga kebersihannya
  3. Kebersihan vagina yang kurang baik
  4. Melakukan seks bebas dengan banyak partner tanpa menggunakan pengaman yang dapat meningkatkan risiko menderita IMS dan infeksi bakteri lainnya.

Maka dari itu, agar terhindar dari keputihan yang tidak normal, Anda harus segera merubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat, termasuk meninggalkan kebiasaan seks bebas apalagi ONS Anda.

Baca Juga : Tanda dan Gejala Keputihan yang Berbahaya

Apa yang Harus Dilakukan Agar Terbebas Dari Keputihan?

Selain dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat, terutama sayur dan buah, istirahat dengan cukup, berolahraga, serta mengelola stres, Anda juga dianjurkan untuk:

  1. Memperhatikan kebersihan vagina Anda
  2. Menghindari menggunakan cairan pembersih yang justru dapat mengganggu pH vagina Anda
  3. Menggunakan celana dalam yang tidak terlalu ketat dengan bahan yang mudah menyerap keringat
  4. Menghindari, bahkan, menghentikan kebiasaan Anda melakukan hubungan seksual dengan banyak atau bergonta-ganti pasangan, apalagi tanpa pengaman.

Mencegah akan selalu lebih baik dari mengobati. Jika sudah parah, waktu yang dibutuhkan agar sembuh dan pulih kembali biasanya lebih lama.

Bagi Anda yang sudah mengetahui penyebab keputihan di atas, saya harap Anda bisa terhindar dari penyakit ini. Jika Anda berkenan, silakan bantu di share agar orang terdekat Anda juga mengetahuinya. Terima kasih.

SALAM SEHAT

Posted By:
www.qncobatasamurat.com