Apakah Penderita Miom Masih Bisa Hamil

Apakah penderita miom masih bisa hamil ? Wajar saja jika penderita miom rahim memiliki pertanyaan seperti ini.

Nah, Di sini kami telah berusaha mengumpulkan berbagai informasi seputar penyakit miom dan pengaruhnya terhadap kesuburan dan kehamilan. Semoga, artikel ini bisa menjawab keresahan Anda, ya 🙂

Penderita Miom Masih Bisa Hamil

Miom sendiri adalah tumor jinak dari sel otot rahim yang tumbuh secara abnormal. Ukurannya bervariasi, mulai dari 1 cm, 4 cm, 8 cm, atau lebih besar dari itu.

Anda tidak perlu khawatir. Karena, pada kebanyakan kasus, miom tidak berubah menjadi kanker. Dengan perawatan yang benar, miom bisa mengecil dan hilang.

Yuk! Kenali juga penyebab penyakit miom

Operasi pengangkatan miom tidak menjamin miom hilang selamanya. Bahkan, miom bisa muncul kembali dan nantinya rahim menjadi bermasalah karena akibat operasi pengangkatan miom yang dilakukan secara berulang-ulang.

Kembali ke topik, apakah penderita miom masih bisa hamil atau tidak? Berikut jawaban dari beberapa ahli yang disadur dari beberapa laman kesehatan terpercaya.

Apakah Penderita Miom Masih Bisa Hamil?

Selalu ada rasa khawatir ketika ditemukan ketidak beresan pada tubuh, apalagi yang menyangkut sistem reproduksi, seperti halnya kasus miom rahim.

Kebanyak wanita penderita miom khawatir jika dengan adanya miom di dalam rahim, penderita tidak bisa hamil.

Anda tidak perlu khawatir. Dari beberapa sumber yang telah saya kumpulkan, wanita dengan miom masih bisa hamil, bahkan jika miom tersebut tidak di angkat.

dr. Tessi Ananditya dari laman alodokter.com menjelaskan, bahwa jenis miom yang dapat mengganggu proses kehamilan adalah yang tumbuh pada jaringan submukosa. Yaitu, jaringan yang berada di bawah jaringan otot dinding rahim.

Hal ini karena, miom di jaringan submukosa bisa menyebabkan perubahan bentuk pada rahim serta mengganggu implantasi embrio.

Sementara miom jenis lainnya, dikatakan dr. Tessi tidak akan mengganggu proses kehamilan. Bahkan, pada sebagian besar kasus miom (selain jenis yang tumbuh di jaringan submukosa) bisa hamil dan melahirkan seperti biasa tanpa perlu mengangkat miom tersebut.

Nah, untuk mengetahui jenis miom yang Anda derita beserta ukurannya, Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan. Anda juga bisa sekalian konsultasi masalah kesuburan Anda. Karena ada banyak faktor lainnya yang juga dapat mempengaruhi kehamilan, termsuk kesehatan pasangan Anda.

Demikianlah informasi kesehatan di atas kami sampaikan. Semoga, artikel ini bisa menjawab pertanyaan Anda mengenai apakah penderita miom bisa hamil.

SALAM SEHAT
Sponsored : Pengobatan Miom Tanpa Operasi

Penderita Miom Masih Bisa Hamil ?

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.