Anjuran dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Liver

Penting sekali bagi Anda mengetahui anjuran dan pantangan makanan untuk penderita penyakit liver. Ini akan bermanfaat untuk proses penyembuhan penyakit liver Anda.

Tidak semua makanan sehat dan memberikan dampak positif untuk penyakit liver yang Anda derita, karena beberapa diantaranya justru bisa memperburuk gejala liver yang sudah ada. Sudah penasaran? Berikut listnya untuk Anda.

Anjuran dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Liver

Makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari memiliki kontribusi tersendiri untuk kesehatan tubuh, terutama penderita penyakit tertentu, pada kasus ini penyakit liver.

Beberapa jenis makanan masih aman dan sehat untuk dikonsumsi oleh penderita liver dan tidak akan memberikan efek terhadap penyakit Anda. Namun, ada juga makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dulu oleh penderita liver, karena dikhawatirkan dapat memperburuk dan menghambat proses penyembuhannya.

A. Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Liver

Di bawah ini adalah beberapa minuman dan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dulu sebelum penyakit liver yang Anda derita benar-benar sembuh.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Liver

1. Alkohol dan minuman berkarbonasi

Perlu Anda ketahui, bahwa alkohol tidak hanya dapat merusak saraf dan sel otak saja, tapi juga bisa menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan yang bisa merambah ke hati atau liver, pun dengan minuman berkarbonasi seperti soda. Maka dari itu, penderita liver tidak boleh konsumsi alkohol dan soda.

2. Seafood, makanan cepat saji, dan makanan berlemak

Pantangan makanan penyakit liver selanjutnya adalah makanan tinggi lemak, termasuk makanan bersantan, aneka gorengan, seafood dan makanan cepat saji.

Makanan tersebut tidak baik bagi penderita liver atau gejala liver karena dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah menuju liver.

3. Makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet

Anda penderita penyakit liver juga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet, termasuk MSG. Beberap contohnya: Makanan kaleng, snack (makanan ringan seperti ciki dan sejenisnya), mie instan, jus buah kemasan, serta daging olahan seperti sosis, ham, dll.

4. Minuman atau makanan yang bersifat panas

Ada banyak sekali jenis minuman atau makanan yang bersifat panas, termasuk yang menggunakan rempah seperti cabai, merica, cuka, jahe, maupun bawang bombay atau bawang merah.

5. Sayuran dan buah-buahan tertentu

Buah dan sayur memang bagus untuk kesehatan, namun ada beberapa jenis buah dan sayur yang menjadi pantangan untuk penderita liver, beberapa diantaranya adalah mentimun, kembang kol, kangkung, tauge, sawi, ubi jalar, nangka, durian, dan jenis lainnya yang dapat memicu gas.

Tambahan, penderita liver juga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang di bakar atau di panggang.

Baca Juga : Obat Herbal Liver

B. Anjuran Makanan Sehat Untuk Penderita Liver

Anjuran Makanan Untuk Penderita Penyakit Liver

Anda tidak perlu khawatir dengan pantangan makanan penyakit liver di atas, karena masih banyak makanan sehat yang boleh dikonsumsi penderita liver setiap hari. Diantaranya:

  1. Buah-buahan : Belimbing, apel, jeruk, mangga, jambu biji, pepaya, alpukat, pisang, dan semangka
  2. Sayuran : Wortel, pare, brokoli, bayam, buncis, dll.
  3. Bawang putih
  4. Minyak zaitun
  5. Teh hijau
  6. Biji rami
  7. Kunyit
  8. Oatmeal / sereal

Demikianlah informasi mengenai anjuran dan pantangan makanan untuk penderita penyakit liver di atas. Semoga, artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda terhindar dari kondisi yang lebih parah.

SALAM SEHAT
By : qncobatasamurat.com