Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat

Pantangan Makanan Asam Urat – Anda penderita asam urat, apakah nyeri pada persendian Anda semakin memburuk dan sering kambuh?

WASPADA! Bisa jadi, itu karena makanan yang Anda konsumsi. Ini karena, beberapa makanan memang tidak bersahabat bagi penderita asam urat.

Pentingnya Menjaga Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat

Selain melakukan pengobatan, apa lagi yang penting untuk dilakukan penderita asam urat?

Ya, tepat sekali. Anda penderita asam urat juga harus memperhatikan asupan makanan Anda. Karena beberapa makanan masuk dalam daftar pantangan makanan asam urat.

Nah, makanan-makanan yang seperti apakah yang masuk ke dalam list makanan yang harus dijauhi oleh penderita asam urat?

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat

Untuk informasi, salah satu penyebab asam urat adalah karena tingginya kadar purin di dalam tubuh. Sehingga, ginjal tidak mampu mengolahnya. Akhirnya kelebihan asam urat itu menumpuk di persendian Anda.

Dari penjelasan di atas, kita bisa tahu, bahwa pantangan asam urat yang paling utama adalah makanan-makanan yang mengandung purin tinggi.

Secara alami, semua makhluk hidup memproduksi purin, termasuk tubuh kita (manusia). Saat produksi purin di dalam tubuh Anda berlebih, ditambah lagi purin dari makanan yang Anda konsumsi, semakin menumpuklah purin di dalam tubuh Anda. Akibatnya, gejala asam urat yang sudah ada bertambah semakin parah.

Saat gejala sudah bertambah parah, aktivitas Anda akan terganggu akibat nyeri pada sendi yang Anda rasakan. bahkan, kondisi terparah mungkin pergerakan Anda menjadi terbatas.

Karena itulah, selain melakukan pengobatan, sudah seharusnya Anda juga menjaga makanan pantangan penyakit asam urat. Barulah jadi kombinasi yang sempurna untuk menyembuhkan asam urat Anda.

Lalu, apa sajakah makanan yang tidak boleh di konsumsi oleh penderita asam urat?

Ini Dia Daftar Pantangan Makanan Asam Urat (Lengkap)

Pantangan Makanan Asam Urat

Pertama, Anda penderita asam urat harus menjauhi makanan yang memiliki kandungan purin tinggi. Di bawah ini adalah beberapa makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Seperti:

  • Daging-dagingan, baik daging merah (sapi, kambing, babi, dan lainnya) maupun daging unggas (bebek, ayam, dll)
  • Seafood / makanan laut. Kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, ikan tenggiri, dan kepiting adalah diantaranya.
  • Jeroan. Semua jenis jeroan, baik itu ginjal, hati, usus, lidah, dan lainnya adalah bagian yang memiliki kadar purin paling tinggi.
  • Sayuran. Jangan heran, meskipun sayuran termasuk makanan sehat, ada beberapa sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat. Diantaranya: bayam, kembang kol, asparagus, kangkung, kacang polong, dan jamur.
  • Melinjo dan olahannya. Semua bagian dari melinjo, mulai dari daun, buah/bijinya sampai dengan olahannya seperti emping harus di jauhi oleh penderita asam urat. Konsumsi melinjo hanya akan memperburuk asam urat Anda.

Selain makanan-makanan di atas, Anda penderita asam urat juga harus menghindari beberapa jenis makanan dan minuman di bawah ini:

  • Semua jenis minuman yang mengandung alkohol
  • Soda dan minuman berkarbonasi lainnya
  • Kopi
  • Cokelat
  • Makanan kaleng dan makanan berpengawet lainnya
  • Kulit ayam
  • Makanan yang memiliki bahan dasar kedelai
  • Kacang-kacangan
  • Buah (durian, air kelapa, nanas)

Itulah informasi pantangan makanan asam urat yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber kesehatan terpercaya.

Semoga artikel pantangan makanan bai pendeirta asam urat di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Bagi Anda yang ingin mengobati penyakit asam urat secara alami tanpa efek samping sampai sembuh total, silakan kunjungi » Obat Asam Urat Alami (klik saja)

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat