Olahraga Tepat Untuk Penderita Penyakit Jantung Koroner

Bolehkah penderita jantung koroner melakukan olahraga? Apakah ada olahraga untuk penderita jantung koroner yang tepat dan direkomendasikan oleh dokter?

Olahraga memang merupakan salah satu kegiatan yang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, termasuk jantung.

Hanya saja, bagi Anda penderita jantung memang ada beberapa olahraga yang tidak direkomendasikan, misalnya terjun payung, paralayang, dan olahraga ekstrim lainnya. Hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kesehatan jantung Anda.

Olahraga Untuk Penderita Jantung Koroner

Olahraga yang aman untuk penderita penyakit jantung koroner – doc:google image

Sebelum Anda memulai olahraga, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani Anda saat ini agar Anda tahu olahraga apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Pemeriksaan dan konsultasi tersebut juga turut berperan dalam menentukan intensitas latihan yang sesuai dan batas toleransi berolah raga dari masing-masing pasien penderita jantung koroner.

Tapi, adakah olahraga yang tepat untuk penderita penyakit jantung koroner?

Tenang saja. Ada, kok, olahraga yang direkomendasikan untuk penderita jantung koroner dan tidak akan memberikan dampak negatif untuk kesehatan jantung Anda. Dari pada penasaran, ini dia listnya untuk Anda yang berhasil kami rangkum.

Daftar Olahraga Untuk Penderita Jantung Koroner yang Aman dan Direkomendasikan Dokter

Ada beberapa olahraga yang direkomendasikan karena masih aman untuk dilakukan oleh Anda penderita jantung koroner. Diantaranya:

1) Yoga

Pilihan olahraga pertama yang bisa dilakukan oleh penderita penyakit jantung koroner adalah yoga. Tapinya, jangan yoga yang ekstrim, ya.

Selain memberikan efek tenang, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga yoga ini, seperti melancarkan aliran darah dan membantu memperbaiki kinerja jantung dalam memompa darah dan dapat membuat Anda terhindar dari komplikasi yang ditimbulkan oleh penyakit jantung koroner.

2) Bersepeda

Bersepeda selama 30 menit selain membantu membakar kalori, juga bagus untuk sistem pernafasan Anda. Selain itu, bersepeda juga merupakan olahraga yang paling memberikan manfaat bagi kesehatan jantung.

Pasalnya, selain membantu melancarkan peredaran darah, bersepeda juga dapat membantu membuat dinding jantung menjadi lebih tebal sehingga dapat membuat jantung Anda lebih sehat.

3) Jalan Kaki

Rata-rata orang Indonesia malas untuk berjalan kaki, padahal ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari berjalan kaki ini, lho.

Dengan berjalan kaki kurang lebih selama satu jam dalam sehari akan membantu Anda untuk memperbaiki syaraf-syaraf jantung yang berada pada bagian kaki. Namun, jangan di paksakan jika memang tidak kuat. Sedikit demi sedikit saja, seperti dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Oleh karenanya, jalan kaki menjadi olahraga yang direkomendasikan bagi penderita penyakit jantung koroner.

4) Jogging

Manfaat yang Anda dapatkan dari melakukan jogging selama 30 menit hampir sama dengan berjalan kaki selama satu jam.

Karena melakukan jogging dapat menguras tanaga Anda, Anda sebaiknya tidak berlebihan dalam melakukan olahraga ini. Jika Anda menyadari batasan pada tubuh Anda, Anda akan mendapatkan hasil yang signifikan untuk kesehatan jantung Anda.

Nah, itulah beberapa olahraga untuk untuk penderita jantung koroner yang masih bisa Anda lakukan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan jantung Anda.

Ingat, pastikan Anda untuk berkonsultasi dulu dengan dokter untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan guna mengetahui kemampuan, intensitas dan durasi olahraga Anda.

Selain olahraga, Anda juga disarankan untuk mengimbanginya dengan menjaga pola makan Anda. Perbanyaklah konsumsi makanan untuk menyehatkan jantung Anda, seperti gandum, sayuran, buah-buahan dan lainnya.

Posted By : www.qncobatasamurat.com

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.