Manfaat Beras Merah Untuk Penderita Kencing Manis

Manfaat Beras Merah Untuk Penderita Kencing Manis – Anda penderita kencing manis bisa mengganti beras putih yang tinggi karbohidrat dengan beras merah.

Beras merah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kencing manis sebagai pengganti nasi putih. Hal ini karena, beras merah termasuk makanan dengan indeks glikemik yang rendah.

Manfaat Beras Merah Untuk Penderita Kencing Manis

Nasi putih yang biasa orang Indonesia konsumsi termasuk dalam daftar pantangan makanan penyakit kencing manis. Kenapa? Karena, nasi putih termasuk makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi.

Manfaat Beras Merah Untuk Penderita Kencing Manis

Seperti yang kita semua tahu, bahwa karbohidrat tinggi sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kencing manis.

Konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat dan gula tinggi dapat mempengaruhi kadar gula di dalam darah Anda.

Kalau begitu, apakah ada beras yang tidak mengandung gula? Apakah ada juga beras khusus diabetes? Kalau ada, nama beras untuk penderita diabetes?

Tidak perlu khawatir. Seperti yang saya katakan di atas, Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi beras merah yang memiliki indeks glikemik rendah. Jadi, konsumsi nasi beras merah ini Insyaalloh tidak akan mempengaruhi kadar gula darah Anda. Meskipun begitu, Anda tetao tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Inilah Kandungan dan Manfaat Beras Merah Untuk Penderita Kencing Manis

Beras merah di gadang-gadang menjadi makanan pengganti nasi terbaik untuk penderita kancing manis. Bahkan, sebuah brand terkemuka seperti Tropicana Slim mengusung beras merah sebagai produk unggulannya selain gula yang di klaim aman untuk penderita kencing manis.

Manfaat Beras Merah Untuk Penderita Kencing Manis – Lalu, apa sajakah kandungan yang terdapat dalam beras merah sehingga membuatnya aman untuk dikonsumsi oleh penderita kencing manis? Berikut sedikit ulasannya.

Kandungan Beras Merah

Yang membuat beras merah lebih unggul dari sumber karbohidrat lainnya, termasuk nasi putih karena, selain sebagai sumber karbohidrat kompleks, di dalam beras merah ini juga terdapat kandungan sejumlah nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Beras Merah Untuk Penderita Kencing Manis

Dalam setiap 1,5 cangkir /porsi beras merah yang dimasak, terdapat kurang dari 110 kalori. Presentasi kandungan beras merah ini membentuk persentase:

  • Karbohidrat – 85 % (8% berasal dari protein dan 7% lemak)
  • Kalium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Serat – 7%
  • Vitamin B (Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin)

Kandungan serat yang cukup tinggi pada beras merah membuatnya memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. Karena kandungan seratnya yang tinggi jugalah nasi merah tidak meningkatkan gula darah secara drastis.

Selain tidak membuat lonjakan drastis gula darah pada penderita kencing manis, konsumsi beras merah juga bagus untuk Anda yang ingin terhindari dari penyakit berjuluk ‘the silent killer’ ini. Pasalnya, konsumsi nasi merah sebanyak 2 porsi atau lebih dalam seminggu dapat menurunkan risiko Anda untuk menderita penyakit kencing manis.

Dengan kandungan yang dimilikinya, tidak heran jika beras merah juga bermanfaat untuk diet menurunkan berat badan.

Tips Cara Memasak Beras Merah Untuk Penderita Kencing Manis

  • Untuk menjaga kandungan vitaminya, beras merah cukup di cuci 1 kali saja
  • Kemudian, rendam beras merah ± selama 30 menit. Tujuannya agar beras merah lebih empuk. Langsung dimasak juga tidak masalah
  • Memasak beras merah dengan cara tradisional (di tanak) lebih disarankan untuk mendapatkan hasil yang lebih enak
  • Air yang digunakann untuk memasak harus lebih banyak dibandingkan dengan memasak beras putih

Bagi Anda yang belum terbiasa untuk mengkonsumsi beras merah, Anda bisa melakukan adaptasi dengan cara mencampur beras putih dengan berbagai perbandingan. Misalnya:

  • Perbandingan 2:1, yaitu 2 beras putih dan 1 beras merah
  • Kemudian ditingkatkan menjadi 1:1, yaitu 1 beras putih dan 1 beras merah
  • Ditingkatkan lagi menjadi 1:2. 1 beras putih dan 2 beras merah, dan seterusnya sampai kita terbiasa mengkonsumsi beras merah.

Nah, itulah beberapa kandungan dan manfaat beras merah untuk penderita kencing manis. Semoga, artikel di atas bermanfaat untuk Anda semuanya.

SOLUSI PENGOBATAN : Bagi Anda yang ingin mengobati penyakit kencing manis secara alami sampai tuntas, Anda bisa menggunakan ramuan herbal QNC JELLY GAMAT. Informasi lengkap mengenai khasiat QnC jelly gamat untuk mengobati penyakit kencing manis sampai tuntas, silakan kunjungi » Cara Mengobati Kencing Manis Secara Alami

Semoga Lekas Sembuh

Posted By : Obat Asam Urat

Manfaat Beras Merah Untuk Penderita Kencing Manis

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.