Makanan Yang Harus Dijauhi Penderita Kencing Manis

Makanan Yang Harus Dijauhi Penderita Kencing Manis – Bagi penderita kencing manis, menjaga pantangan makanan merupakan salah satu hal penting lainnya yang tidak boleh luput dari perhatian.

Pasalnya, beberapa jenis makanan sangat tidak bersahabat bagi Anda penderita kencing manis. Ini karena, beberapa jenis makanan tersebut dapat mempengaruhi kadar gula di dalam darah Anda.

Makanan Yang Harus Dijauhi Penderita Kencing Manis

Konsumsi obat kencing manis setiap hari bukan cara satu-satunya untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil. Anda juga harus memperhatikan asupan makanan Anda.

Beberapa jenis makanan memang masih aman untuk dikonsumsi oleh penderita kencing manis, walaupun harus dikonsumsi dalam porsi tertentu.

Sebagian jenis lainnya sangat tidak bersahabat bagi penderita kencing manis. Beberapa makanan bisa membuat kadar gula darah Anda naik.

Karenanya, Anda harus tahu apa saja minuman dan makanan yang harus dijauhi penderita kencing manis. Dengan begitu, kadar gula darah Anda tetap terkontrol.

30 Daftar Makanan Yang Harus Dijauhi Penderita Kencing Manis

Makanan Yang Harus Dijauhi Penderita Kencing Manis

Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan dan juga minuman yang tidak boleh Anda konsumsi sebelum penyakit kencing manis yang Anda derita sembuh.

  • Soda dan Alkohol

Pantangan untuk penderita kencing manis yang pertama adalah minuman bersoda dan juga alkohol.

Baik alkohol, soda, maupun minuman berkarbonasi lainnya memiliki kadar gula yang tinggi. Minuman tersebut juga bersifat karsinogen yang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker.

Jadi, sebelum kadar gula darah Anda meningkat, alangkah baiknya jika Anda tidak mengkonsumsi sama sekali jenis minuman di atas —alkohol, soda, dan minuman ringan lainnya

  • Makanan olahan dari tepung

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita kencing manis selanjutnya adalah makanan yang dibuat dari tepung, seperti: Mie, roti, aneka kue, bihun, cake, dan makanan lainnya yang memiliki bahan utama tepung.

Hal itu dikarenakan tepung memiliki kadar glukosa dan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat pada dasarnya tidak boleh dikonsumsi penderita kencing manis. Karena, karbohidrat bisa memicu gula darah naik dengan cepat.

  • Nasi putih

Dibandingkan dengan nasi putih yang memiliki karbohidrat tinggi, beras merah lebih disarankan untuk penderita kencing manis. Konsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi hanya akan membuat kadar gula darah Anda semakin tinggi.

  • Buah-buahan tertentu

Buah memang sumber serat dan nutrisi yang baik untuk tubuh disamping sayuran. Akan tetapi, beberapa jenis buah sangat tidak bersahabat untuk kadar gula darah Anda penderita kencing manis. Seperti:

  1. Sirsak
  2. Duku
  3. Rambutan
  4. Anggur
  5. Pisang raja dan pisang emas
  6. Durian
  7. Mangga
  8. Semangka
  9. Buah yang dikeringkan, seperti kismis, aprikot, kesemek, dan lainnya
  10. Manisan buah. Baik basah maupun kering

Sebaiknya Anda tidak coba-coba untuk mengkonsumsi buah di atas, ya!

  • Kentang

Kata orang, kentang bagus untuk diberikan pada penderita kencing manis. Faktanya, olahan kentang justru bisa memicu naiknya kadar gula darah, seperti kentang goreng, keripik kentang, dan lainnya.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kencing Manis

  • Makanan berlemak tinggi dan Junkfood

Makanan yang harus dijauhi oleh penderita kencing manis lainnya adalah makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, seperti:

  1. Jeroan
  2. Aneka gorengan
  3. Makanan bersantan, seperti gulai, kari, dll.
  4. Margarine
  5. Seafood
  6. Es krim
  7. Keju
  8. dan makanan berlemak lainnya

Anda juga harus menjauhi junkfood. Seperti burger, hotdog, piza, dan makanan sejenisnya.

  • Kafein

Makanan maupun minuman yang mengandung kafein sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita kencing manis. Bagi Anda yang belum tahu, konsumsi kafein hanya akan meningkatkan kadar gula darah Anda. pasalnya, kafein merupakan zat yang dapat mempengaruhi kinerja hati dan pankreas dalam produksi insulin.

  • Pasta putih

Selain terbuat dari tepung putih, sifat pasta putih yang cukup mudah dicerna dapat memicu naiknya kadar gula darah.

  • Makanan olahan, makanan kemasan dan makanan yang di awetkan

Agar kadar gula darah tetap terjaga, Anda penderita kencing manis juga tidak boleh konsumsi makanan yang memiliki bahan pengawet kimia, termasuk makanan kemasan seperti snack, makanan kaleng, dan juga makanan olahan seperti sosis, ham, kornet, dan lainnya.

  • Daging merah (sapi, kambing, babi, dll)

Sama halnya dengan pantangan kolesterol tinggi, daging merah memiliki lemak tinggi yang juga berbahaya bagi kesehatan termasuk penyakit kencing manis Anda.

Lemak bisa mempercepat penyumbatan pembuluh darah di jantung sehingga bisa membuat penderita kencing manis terkena komplikasi. Daging ikan lebih baik dibandingkan dengan daging merah.

Nah, itulah beberapa daftar minuman dan makanan yang harus dijauhi penderita kencing manis.

Setelah Anda mengetahui makanan pantangan kencing manis, sebaiknya Anda tidak coba-coba untuk mengkonsumsinya jika Anda tidak ingin kadar gula darah Anda naik terus.

SOLUSI PENGOBATAN : Untuk mengobati penyakit kencing manis secara alami, Anda bisa menggunakan obat herbal QnC jelly gamat. SIlakan KLIK >> Pengobatan Kencing Manis Secara Alami untuk khasiat QnC jelly gamat lebih lengkapnya dan testimoni kesembuhan.

_Salam Sehat_

Posted By : http://qncobatasamurat.com/

Makanan Yang Harus Dijauhi Penderita Kencing Manis