Makanan Yang Dapat Menyehatkan Jantung

Untuk mendapatkan jantung yang sehat, selain olahraga, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menyehatkan jantung, termasuk buah dan sayur di dalamnya.

Apalagi, Anda yang memang memiliki penyakit jantung, seperti jantung koroner, lemah jantung dan penyakit jantung lainnya. Bagus untuk membantu pemulihan dan pengobatan yang sedang Anda lakukan.

Pentingnya Memiliki Jantung yang Sehat

doc.google image

Setiap orang pasti ingin memiliki jantung yang sehat. Mengingat jantung memiliki fungsi yang cukup penting untuk tubuh, salah satunya untuk memompa dan mengedarkan darah yang kaya oksigen ke seluruh pembuluh darah di dalam tubuh, termasuk otak membuat kita harus benar-benar memperhatikan kesehatannya.

Pasalnya, jika jantung mengalami gangguan, kesehatan tubuh secara keseluruhan dapat ikut terpengaruh. Apalagi, beberapa jenis penyakit jantung menjadi penyebab kematian terbanyak, termasuk penyakit jantung koroner yang dapat memicu serangan jantung.

Selain untuk memompa darah, jantung juga berfungsi untuk membuang limbah dari sisa-sisa metabolisme. Karena itu, Anda sebaiknya mengetahui makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Beberapa Daftar Makanan Yang Dapat Menyehatkan Jantung

Setelah kemarin saya memberikan informasi mengenai pantangan makanan untuk penderita jantung koroner, kali ini gilirannya membahas mengenai makanan untuk menyehatkan jantung.

Makanan Yang Dapat Menyehatkan Jantung

Ada banyak sekali jenis makanan yang bagus untuk kesehatan jantung Anda. Beberapa diantaranya adalah:

1). Sayuran

Jenis makanan yang satu ini memang sebaiknya harus selalu ada dalam menu harian Anda. Selain mengandung serat dan vitamin, sayuran juga mengandung mineral yang bagus untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Beberapa sayuran yang direkomendasikan meliputi:

  1. Kubis
  2. Bawang
  3. Bayam
  4. Kangkung
  5. Asparagus
  6. Tomat
  7. Paprika merah atau orange
  8. Brokoli
  9. Wortel
  10. dan sayuran hijau lainnya

2). Buah-buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga termasuk makanan yang dapat menyehatkan jantung. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun dijadikan jus. Tanpa menambahkan gula lebih bagus, lho.

Beberapa buah yang bagus untuk kesehatan jantung adalah:

  1. Anggur
  2. Apel
  3. Aprikot
  4. Jeruk
  5. Alpukat
  6. Pepaya
  7. Pisang
  8. Delima
  9. Semangka
  10. Aneka buah beri
  11. dan lainnya

3). Umbi-umbian, Kacang-kacangan dan Biji-bijian utuh

Makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung Anda selanjutnya adalah umbi-umbian, seperti ubi jalar dan kentang.

Kacang-kacangan, seperti kedelai dan olahannya (tahu dan tempe), almond, kacang panjang, kenari serta kacang merah juga bagus untuk Anda konsumsi. Pasalnya, kacang-kacangan ini tidak hanya mengandung protein, tapi juga kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, serat dan air.

Sementara dari biji-bijian, Anda bisa menjadikan gandum, beras merah atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas dan beberapa jenis penyakit kanker, lho.

4). Teh hijau

Minuman yang satu ini kaya akan antioksidan ini dipercaya sebagai salah satu minuman yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Bahkan, salah satu penelitian yang dilakukan di Jepang mengatakan, bahwa, mereka yang rutin meminum teh hijau memiliki risiko sekitar 25 persen lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke.

Kendati demikian, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi teh hijau ini lebih dari lima cangkir sehari, ya, karena bisa meningkatkan risiko terkena batu ginjal. Untuk menyeimbangkannya, konsumsi air putih juga.

Makanan untuk kesehatan jantung lainnya

makanan untuk kesehatan jantung

Ilustrasi gambar makanan untuk kesehatan jantung

  1. Yoghurt rendah lemak
  2. Biji chia
  3. Legum
  4. Telur
  5. Ikan, terutama salmon, tuna dan ikan sarden segar
  6. Coklat hitam (tapi, jangan berlebihan)
  7. Labu
  8. Teh jahe dengan kayu manis
  9. Oatmeal
  10. Kurma
  11. Biji rami

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat membantu jantung Anda tetap sehat. Selain itu, pastikan Anda membatasi makanan berlemak tinggi, mengandung garam dan gula tinggi.

Imbangi juga dengan pola makan yang sehat, olahraga, menghindari stres dan istirahat dengan cukup. Semoga Anda selalu dalam kesehatan.

Salam Sehat

Posted By : www.qncobatasamurat.com

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.