Makanan Untuk Penderita Tipes

Informasi lengkap makanan untuk penderita tipes yang meliputi anjuran dan pantangannya bisa Anda dapatkan di laman qncobatasamurat.com ini.

Pentingnya Mengetahui Anjuran dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Tipes

Agar penyakit tipes yang Anda atau anak Anda derita bisa segera sembuh, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, termasuk asupan makanan harian.

Mengkonsumsi makanan bergizi dapat membantu mengoptimalkan pengobatan penyakit tipes yang sedang Anda jalani.

Selain itu, memang ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita penyakit tipes dulu selama masa penyembuhan. Hal ini karena, dikhawatirkan dapat memperburuk gejala tipes yang ada.

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk Anda mengetahui makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh pendeirta penyakit tipes. Dan, berikut ini adalah daftar makanan untuk penderita penyakit tipes yang sebaiknya Anda ketahui.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Tipes

Makanan Untuk Penderita Tipes

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dulu sebelum penyakit tipes yang Anda derita benar-benar sembuh. Makanan dan minuman tersebut meliputi:

1. Makanan Asam

Kenapa penderita tipes tidak boleh konsumsi makanan asam? Karena makanan asam tidak bagus untuk pencernaan. Mengkonsumsi makanan asam hanya akan membuat penyakit tipes Anda semakin memburuk.

Beberapa makanan asam yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tipes adalah buah apel, jeruk, jambu biji, dan buah bercita rasa asam lainnya.

2. Makanan Pedas

Sama halnya dengan makanan asam, makanan pedas juga tidak bagus untuk usus Anda yang sedang bermasalah akibat penyakit tipes. Memakan makanan pedas, baik itu sambal atau makanan lainnya dapat memperburuk penyakit tipes yang Anda derita, bahkan mungkin menyebabkan pembengkakan atau pendarahan pada usus Anda.

3. Alkohol dan Minuman Berkarbonasi

Minuman berkabonasi seperti soda maupun minuman bernergi dan alkohol termasuk minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit tipes. Hal ini karena jenis minuman tersebut dapat menambah parah gejala tipes yang sudah ada.

4. Makanan Berserat Tinggi

Pantangan penderita tipes selanjutnya adalah makanan berserat tinggi, baik pada buah-buahan, sayuran, maupun makanan jenis lainnya. Hal ini karena serat merupakan zat gizi yang sulit dicerna dan menimbulkan kesulitan dalam proses pencernaan.

5. Makanan Berlemak / Berminyak

Anda penderita penyakit tipes juga tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, seperti: aneka gorengan, makanan bersantan, jeroan, seafood, dan termasuk susu full cream beserta olahannya. Malanan berminyak sulit untuk dicerna oleh usus Anda, maka dari itu, makanan jenis ini harus Anda hindari.

6. Pantangan Makanan Penyakit Tipes Lainnya

Selain makanan dan minuman di atas, Anda penderita tipes juga sebaiknya menghindari makanan berikut ini:

  1. Makanan yang menimbulkan gas di dalam perut, seperti kol, kubis, asparagus, nangka, dll.
  2. Daging berserat kasar
  3. Beras ketan
  4. Beberapa makanan, seperti dodol, ubi, jagung, singkong, gandum, talas, kue-kue manis, dan makanan berkarbohidrat tinggi lainnya
  5. Daging olahan (sosis, ham, nugget, dll)
  6. Makanan kemasan seperti snack, mie instan, jus buah kemasan, makanan kalengan, dan makanan berpengawet lainnya
  7. Makanan atau minuman yang mengandung kafei, termasuk coklat

Anjuran Makanan Untuk Penderita Tipes

Makanan Untuk Penderita Tipes

Kendati pantangan makanan penderita tipes di atas cukup banyak, Anda tidak perlu khawatir. Karena, masih banyak makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh penderia penyakit tipes. Misalnya seperti:

  1. Makanan lunak (bubur, nasi tim, kentang tumbuk, puding, atau biskuit)
  2. Buah-buahan : Alpukat, pisang, dan pisang
  3. Labu siam
  4. Wortel
  5. Tahu
  6. Daging ayam bebas lemak yang di rebus atau di pepes
  7. Ikan
  8. Kacang-kacangan yang direbus, kecuali kacang merah, kacang tanah, dan kacang hijau.

Anda juga disarankan untuk memperbanyak asupan cairan untuk mencegah dehidrasi, istirahat yang cukup, hindari stres, dan jagalah kebersihan.

Demikianlah informasi mengenai anjuran dan pantangan makanan untuk penderita tipes yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan membantu kesembuhan Anda.

SALAM SEHAT
Makanan Untuk Penderita Tipes

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.