Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Jantung Koroner

Makanan Untuk Penderita Jantung Koroner – Agar bisa sembuh dengan cepat, Anda penderita jantung koroner juga sebaiknya memperhatikan asupan makanan harian Anda.

Karena, selain pengobatan jantung koroner yang sedang Anda lakukan, menjaga pola makan juga bisa meningkatkan persentase kesembuhan Anda. Sama halnya dengan Anda mengetahui gejala jantung koroner guna mendeteksi dini penyakit tersebut agar segera mendapatkan penanganan.

Jadi, pastikan Anda tahu apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita jantung koroner. Sehingga, Anda bisa kembali pulih dengan cepat.

Nah, penasaran dengan pantangan makanan penderita jantung koroner? Berikut informasinya yang berhasil kami rangkum.

Daftar Pantangan Makanan Untuk Penderita Jantung Koroner yang Tidak Boleh Dikonsumsi Dulu

Anda penderita jantung koroner memiliki pantangan yang cukup banyak. Bahkan, mungkin salah satu atau beberapa diantaranya termasuk makanan favorit Anda. Kendati demikian, Anda harus bisa menahannya. Semua demi kesehatan Anda.

Makanan Untuk Penderita Jantung Koroner

Salah satu jenis makanan yang harus dijauhi penderita jantung koroner – Sumber gambar : Google Image

Lalu, apa sajakah makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita jantung koroner? Berikut daftarnya untuk Anda:

Makanan jenis pertama yang harus dijauhi oleh penderita jantung koroner adalah makanan berlemak atau mengandung kolesterol tinggi, seperti:

  1. Jeroan, termasuk otak
  2. Kulit ayam
  3. Seafood, terutama cumi, kepiting, kerang dan udang
  4. Belut
  5. Kuning telur dan telur puyuh
  6. Aneka gorengan dan makanan bersantan
  7. Daging bebek dan daging kambing
  8. Mentega
  9. Susu full cream dan olahannya, termasuk keju

Kemudian, Anda penderita jantung koroner juga harus membatasi makanan manis yang mengandung tinggi gula, seperti: Aneka kue, donat, pie, es krim, dan makanan sejenisnya.

Dari minuman, Anda penderita jantung koroner harus menjauhi yang namanya alkohol, soda dan kafein. Air putih saja, lebih sehat.

Makanan olahan juga termasuk pantangan untuk penderita jantung koroner, lho. Misalnya : Makanan kalengan, sarden, daging asap, sosis, ham, bacon, saussage, dan lainnya.

Selain mengandung bahan pengawet kimia, makanan olahan biasanya mengandung garam yang tinggi. Tentu saja, hal ini tidak bagus untuk tekanan darah Anda yang berpotensi memperburuk gejala yang sudah ada.

Makanan untuk penderita jantung koroner yang sebaiknya dihindari juga mencakup junk food atau makanan sampah. Beberapa jenis makanan yang termasuk junk food antara lain:

  1. Keripik kentang </> kentang goreng
  2. Makanan cepat saji (hamburger, pizza, mie instan, dll)
  3. Asinan
  4. Sajian manis beku
  5. Makanan yang di panggang atau bakar
  6. dll.

Selain tidak memiliki nutrisi yang cukup, junk food berpotensi besar menyebabkan obesitas yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit jantung, hipertensi dan kolesterol.

Nah, itulah beberapa pantangan makanan untuk penderita jantung koroner yang sebaiknya tidak di konsumsi dulu sebelum benar-benar sembuh. Jika pun Anda benar-benar ingin memakannya, pastikan dalam porsi yang sedikit dan konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

Posted By : www.qncobatasamurat.com