Makanan Pemicu Penyakit Kanker

Anda sebaiknya mengetahui daftar makanan pemicu penyakit kanker yang mungkin salah satunya adalah makanan yang sering Anda konsumsi setiap hari.

Setidaknya ada lebih dari 12 jenis kanker yang sangat berbahaya, yang paling umum adalah kanker:

  1. Payudara,
  2. serviks,
  3. prostat,
  4. usus,
  5. kanker darah,
  6. kanker otak,
  7. pankreas,
  8. leher dan kepala,
  9. kanker kulit,
  10. kanker tiroid,
  11. hati,
  12. ginjal,
  13. kanker lambung,
  14. dan jenis kanker lainnya.

Baca Juga : Kenali Penyebab Kanker Tiroid dan Cara Mengobatinya

Memang, penyebab penyakit kanker secara pastinya belum diketahui. Hanya saja, beberapa makanan memiliki korelasi dalam meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit kanker.

Lho, kenapa bisa begitu ?

Karena, beberapa makanan bersifat karsinogenik atau bahan penyebab kanker. Maka dari itu, untuk menekan risiko terkena penyakit kanker, ada baiknya Anda lebih memperhatikan asupan makanan Anda setiap harinya.

Inilah Beberapa Jenis Makanan Pemicu Penyakit Kanker yang Harus Anda Ketahui

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui jenis-jenis makanan yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh, di bawah ini adalah beberapa makanan pemicu penyakit kanker yang telah kami rangkum dari berbagai sumber kesehatan. Diantaranya:

Makanan Pemicu Penyakit Kanker

1. Daging Olahan

Makanan yang bersifat karsinogenik pertama adalah daging olahan, seperti bacon, daging asap, ham, dan sosis. Konsumsi daging olahan secara berlebihan tidak hanya meningkatkan risiko kanker usus saja, melainkan juga kanker prostat dan kanker pankreas.

2. Daging Merah

Makanan yang kaya protein ini sangat bagus untuk dikonsumsi. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker usus di kemudian hari.

3. Makanan Manis yang Mengandung Gula Buatan

Makanan jenis ini yang meliputi donat, aneka cake, roti putih, dan lainnya juga dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, lho. Jadi, bagi Anda penikmat makanan manis, mulai sekarang cobalah untuk membatasinya, ya!

4. Makanan yang Digoreng Secara Berulang dengan Minyak Jelantah

Anda penikmat gorengan, saya sarankan untuk mulai membatasi asupan makanan jenis ini, apalagi yang di goreng dengan minyak jelantah yang digunakan berkali-kali.

5. Makanan yang Di Bakar / Panggang

Makanan pemicu penyakit kanker lainnya yang juga bersifat karsinogenik adalah makanan yang di bakar atau di panggang, terutama bagian yang gosongnya. Beberapa jenis makanan ini meliputi: Sate, steak, jagung bakar, ikan bakar, dll.

6. Minuman Berkarbonasi dan Alkohol

Selain mengandung gula yang tinggi, minuman jenis ini juga sama-sama bersifat karsinogenik yang dapat meningkatkan risiko penyakit kanker apabila dikonsumsi secara berlebihan. Soda, minuman penambah energi, dan minuman ringan lainnya termasuk minuman berkarbonasi.

7. Makanan Kemasan dan Mengandung Bahan Pengawet

Untuk menekan risiko kanker, Anda juga sebaiknya menghindari atau membatasi makanan kemasan, baik itu jus buah kemasa, aneka makanan kalengan, mie instan, aneka makanan ringan yang kaya akan MSG, dan makanan sejenis lainnya.

8. Popcorn yang Dimasak dengan Microwave

Makanan yang biasanya dijadikan teman nonton ini ternyata mengandung banyak bahan kimia, lho, salah satunya PFOA atau perfluorooctanoic acid serta diacetyl chemical yang dapat memicu timbulnya tumor, kerusakan paru-paru dan kanker, seperti kanker liver, testis, dan pankreas.

9. Jenis Makanan Lainnya

Beberapa makanan lainnya yang juga dapat meningkatkan risiko menderita penyakit kanker meliputi:

  1. Sayur dan buah yang terkontaminasi pestisida
  2. Kentang goreng
  3. Makanan cepat saji, seperti pizza, burger, dan sejenisnya
  4. Jagung, kacang kedelai maupun canola yang telah melewati proses kimiawi
  5. Soda diet
  6. Tepung putih olahan, seperti roti dan pasta
  7. Minyak terhidrogenasi yang sering digunakan untuk mengawetkan makanan olahan
  8. Salmon yang diternakkan
  9. Ayam boiler
  10. Produk susu tertentu yang kaya kalsium dan bisa menurunkan hormon sebesar 1,25-dihydroxyvitamin D3. Hormon yang dikenal melindungi pria terhadap sel kanker
  11. Gula halus
  12. Buah kotor yang belum dicuci
  13. Saus tomat kalengan
  14. Keripik kentang
  15. Makanan yang diasinkan, diasap, atau acar sintetis

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan risiko menderita penyakit kanker. Saya harap, Anda lebih bijak dalam mengkonsumsi makanan di atas. Ingatlah, mencegah lebih baik dari mengobati, apalagi penyakit kanker.

Seperti kata Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SppD, K-HOM, ketua Yayasan Kanker Indonesia “Semakin tinggi stadiumnya, semakin sulit diobati, semakin sulit disembuhkan, dan semakin pendek harapan untuk hidup,”.

Cara Mencegah Penyakit Kanker

Selain dengan menjaga asupan makanan Anda setiap harinya, Anda juga harus merubah gaya hidup Anda secara keseluruhan, termasuk:

  1. Berhenti merokok dan konsumsi minuman keras
  2. Mulailah berolahraga, minimal 3-4 kali seminggu
  3. Tidur cukup, sebaiknya di bawah jam 10 malam
  4. Jangan begadang
  5. Perbanyak konsumsi makanan sehat
  6. Lakukan medical check-up secara berkala, termasuk mamogram, pap smear, dan tes IVA untuk perempuan

Terima kasih banyak telah menyimak artikel kesehatan di atas. Semoga bermanfaat dan membantu Anda lebih bijak dalam memilih makanan yang akan Anda konsumsi.

SALAM SEHAT

Makanan Pemicu Penyakit Kanker

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.