Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Liver (Hati)

Sangat penting sekali untuk Anda tahu kebiasaan buruk yang bisa merusak liver (hati) mengingat fungsinya untuk kesehatan tubuh sangat vital.

Namun, sebelum itu, ada baiknya Anda tahu dulu apa saja fungsi hati atau liver bagi kesehatan.

Mengenal Fungsi Hati Liver / Hati

Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Liver

Liver atau hati memiliki fungsi yang vital untuk tubuh. Bahkan, saat liver mengalami kerusakan, beberapa organ tubuh bisa terpengaruhi, ginjal adalah salah satunya. Selain untuk menyaring racun di dalam darah, liver atau hati juga berfungsi untuk:

  1. Membuat protein plasma
  2. Memproduksi cairan empedu untuk membantu mencerna makanan
  3. Memproduksi kolesterol dan trigliserida
  4. Menyimpan asam folat, zat besi, dan beberapa vitamin
  5. Mengubah amonia menjadi urea yang dikeluarkan ginjal melalui urine
  6. Memproduksi albumin
  7. Mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain
  8. Menghasilkan zat imun atau antibodi untuk mencegah terjadinya infeksi
  9. Menghasilkan protrombin dan fibrinogen yang berguna dalam proses pembekuan darah
  10. Memproduksi kolesterol dan trigliserida
  11. Menyimpan energi untuk tubuh dalam bentuk glikogen dan mengubahnya menjadi glukosa saat kadar glukosa darah rendah
  12. Dan banyak lagi fungsi liver lainnya

Karena itu, sudah seharusnya kita menjaga liver atau hati tetap sehat. Dan salah satu caranya dengan menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak fungsi liver Anda. Penasaran?

Inilah Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Liver (Hati)

Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Liver

1. Mengkonsumsi Alkohol

Sudah menjadi rahasia umum jika alkohol memiliki efek yang sangat buruk untuk tubuh, tidak terkecuali organ liver atau hati. Konsumsi alkohol apalagi secara berlebihan dapat membuat liver bekerja ekstra keras.

2. Sering Begadang

Begadang itu tidak ada faedahnya, justru bisa meningkatkan risiko kerusakan liver atau hati. Jadi, agar liver Anda tetap sehat hindari begadang.

3. Tidur Larut Malan dan Bangun Siang

Selain begadang, kebiasaan tidur larut malam dan bangun pada siang harinya juga harus Anda hindari. Kebiasaan ini secara perlahan bisa merusak liver atau hati Anda.

4. Sering Konsumsi Minuman Berkarbonasi

Jika Anda penikmat soda, cola, dan minuman sejenisnya, apabila liver Anda ingin tetap sehat, maka hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga. Jika memang tidak bisa, dikurangi. Misalnya satu bulan sekali.

Minuman berkarbonasi ini mengandung pemanis buatan dan karbondioksida. Beberapa pemanis buatan diyakini bisa menimbulkan racun dalam tubuh, artinya liver atau hati Anda harus bekerja lebih keras untuk menangkalnya.

Baca Juga : Makanan Yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Liver

5. Diet

Jika Anda ingin melakukan diet, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi Anda. Pasalnya, beberapa penelitian mengatakan bahwa, diet tinggi garam dapat memicu berkumpulnya lemak di dalam liver atau hati. Selain tidak bagus untuk tekanan darah, kelebihan garam bisa jadi dapat mempengaruhi fungsi liver atau hati.

Baca Juga Informasi Lainnya : Gejala Penyakit Liver

6. Penggunaan Obat Terlarang dan Jarum Tidak Steril

Kebiasaan buruk yang bisa merusak liver atau hati selanjutnya adalah penggunaan obat-obatan terlarang dan penggunaan jarum yang tidak steril, baik jarum medis maupun jarum untuk membuat tato, tindik, dan sebagainya.

7. Konsumsi Antidepresan

Obat antidepresan yang dikonsumsi secara rutin dalam waktu yang lama bisa mempengaruhi kesehatan liver atau hati Anda. Hal ini karena salah satu fungsi liver untuk membersihkan darah dari racun termasuk yang berasal dari obat antidepresan atau obat kimia lainnya (detoksifikasi).

8. Sering Konsumsi Makanan Berpengawet

Jika Anda sayang dengan liver atau hati Anda, mulai sekarang Anda harus mengurangi kebiasaan konsumsi makanan berpengawet, baik makanan kaleng, jus buah kemasan, mie instan, atau makanan dan minuman sejenisnya.

Selain itu, agar liver Anda tetap sehat, Anda juga disarankan untuk menghindari rokok dan asapnya. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mengganti rokok dengan cemilan yang lebih sehat, puding misalnya.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang tanpa Anda sadari dapat mempengaruhi fungsi liver atau hati Anda. Merubah pola hidup menjadi lebih sehat dan meninggalkan kebiasaa buruk yang sering Anda lakukan dapat memperkecil risiko Anda untuk menderita penyakit liver.

Terima kasih sudah menyimak artikel di atas. Semoga, artikel kesehatan mengenai kebiasaan buruk yang bisa merusak liver (hati) ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

Salam Sehat
By : qncobatasamurat.com

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.