Jenis-Jenis Kanker Tiroid

Apakah Anda sudah mengenal jenis-jenis kanker tiroid ?

Apabila kemarin saya membahas mengenai gejalanya, maka, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai macam-macam dari kanker tiroid. Ikuti terus, ya.

Jenis-Jenis Kanker Tiroid

Penyakit kanker tiroid ini termasuk kanker yang masih bisa diobati. Bahkan, dengan penanganan yang tepat dan cepat, penderita kanker tiroid bisa pulih sepenuhnya.

Artinya, pendeita kanker tiroid memiliki peluang hidup yang lebih besar dibandingkan dengan penderita penyakit kanker lainnya.

Perlu Anda ketahui, bahwa setidaknya ada 4 jenis kanker tiroid, yaitu:

1. Kanker / Karsinoma Papiler

Dari empat jenis kanker tiroid yang ada, jenis ini adalah yang paling umum terjadi. Jenis kanke ini umumnya banyak terjadi pada wanita usia muda (di bawah 40 tahun).

Menurut keterangan dari DR Sonar Soni Panigoro, Sp.B-Onk, M.Epid dari RSCM, Jakarta, seperti dikutip dari nationalgeographic.co.id, Risiko tinggi kanker papiler ditemukan pada yang pernah menjalani terapi penyinaran di leher dan kepala saat kanak-kanak.

Untuk mengatasi kanker jenis ini, dokter biasanya akan merekomendasikan Anda untuk melakukan pembedahan. Tindakan pembedahan hampir selalu berhasil menyembuhkan kanker ini.

Baca Juga Informasi Lainnya : Jangan Takut! Kanker Tiroid Masih Bisa Sembuh

2. Kanker / Karsinoma Folikuler

Dari hampir kasus kanker tiroid yang ditemukan, sekitar 15% nya adalah jenis kanker folikuler. Jika jenis papiler lebih banyak terjadi pada wanita berusia muda, maka kanker tiroid jenis ini cenderung terjadi pada orang-orang lanjut usia.

Umumnya, solusi untuk mengobati kanker tiroid jenis ini adalah dengan mengangkat kelenjar tiroid dan memberikan yodium radioaktif guna menghancurkan jaringan maupun sel kanker yang tersisa.

3. Kanker / Karsinoma Medular Tiroid

Pada jenis medular tiroid ini, umumnya dipengaruhi oleh faktor keturunan. Jadi, apabila Anda memiliki anggota keluarga dengan penyakit kanker medular ini, maka risiko Anda untuk menderita penyakit ini juga lebih besar.

Kanker medular tiroid terjadi pada sekitar 5-8 persen dari seluruh kasus kanker tiroid. Dan, sel kanker bisa menyebar melalui sistem getah bening ke kelenjar getah bening dan melalui darah ke paru-paru, hati, serta tulang.

Baca Juga : Mengenal Benjolan Di Leher dan Cara Pengobatannya

4. Kanker / Karsinoma Anaplastik

Meskipun anaplastik termasuk jenis kanker tiroid yang jarang terjadi, akan tetapi jenis ini adalah yang paling berbahaya.

Kanker anaplastik ini dapat menyebabkan benjolan yang besar akibat pertumbuhannya yang sangat cepat. Bahkan, pada sebagian besar penderita kanker ini akan meninggal dalam waktu 1 tahun.

Tindakan pengobatan untuk kanker tiroid jenis anaplastik ini selain pemberian obat-obatan, juga diserta dengan terapi penyinaran sebelum dan setelah pembedahan.

Nah, demikianlah informasi mengenai jenis-jenis kanker tiroid yang bisa saya share di sini. Semoga, artikel di atas dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jauh penyakit kanker tiroid ini.

Terima kasih sudah menyimak. Jangan lupa share dengan teman dan keluarga Anda 🙂

SALAM SEHAT
Sponsired By : Pengobatan Alami Kanker Tiroid

Jenis-Jenis Kanker Tiroid

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.