Gejala Kanker Tiroid

Mengenali gejala kanker tiroid sangat penting. Karena, dapat membantu Anda untuk mendeteksi penyakit tersebut.

Pengobatan kanker tiroid yang diberikan sedini mungkin membuat peluang Anda untuk sembuh dan pulih sepenuhnya semakin besar.

Apabila Anda belum mengetahui gejalanya, saya harap artikel kesehatan berikut ini dapat membantu Anda dalam mendeteksi kondisi kesehatan tiroid Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Gejala Kanker Tiroid

Kanker tiroid sendiri termasuk salah satu penyakit yang jarang terjadi. Perubahan hormon pada wanita yang seringkali tidak stabil dicuriga sebagai penyebab wanita memiliki risiko 3 kali lebih besar dibandingkan pria untuk menderita penyakit ini. Kendati demikian, penyebab pasti dari penyakit kanker tiroid belum diketahui.

Gejala Kanker Tiroid

Sumber gambar : ipi-singapore.org (pemeriksaan tiroid)

Yang perlu Anda pahami adalah gejalanya. Pada sebagian besar kasus kanker tiroid, gejala baru muncul setelah kanker mamasuki stadium lanjut. Beberapa gejala kanker tiroid yang perlu Anda waspadai kehadirannya meliputi:

  1. Terdapat benjolan atau pembengkakan di bawah jakun atau laring (leher bagian depan)
  2. Biasanya, benjolan atau pembengkakan tersebut tidak terasa sakit
  3. Kelenjar getah bening di bagian leher juga ikut mengalami pembengkakan
  4. Mengalami disfagia atau kesulitan menelan
  5. Nyeri pada bagian leher dan tenggorokan
  6. Benjolan yang menyebabkan penyempitan pada tenggorokan juga dapat membuat
  7. Anda kesulitan bernapas
  8. Kesuliyan berbicara dan suaranya berubah menjadi serak
  9. Telinga terasa sakit atau berdengung
  10. Batuk yang tidak kunjung sembuh walaupun sudah diberikan obat pereda batuk
  11. Berkeringat secara berlebihan

Ciri-ciri kanker tiroid di atas terkadang dianggap sepele sebagai gangguan kesehatan biasa yang akan menghilang dengan sendirinya. Pemikiran tersebut jugalah yang mendorong penderita untuk mengabaikan kondisi kesehatannya dan baru melakukan pemeriksaan ketika kondisinya semakin parah.

Mindset seperti inilah yang sebaiknya dirubah. Anda harus lebih peduli dengan kesehatan Anda. Ada baiknya Anda segera mengunjungi pusat kesehatan (klinik, puskesmas, rumah sakit) atau dokter terdekat apabila Anda mendapati kejanggalan pada tubuh Anda.

Semakin dini kanker tiroid yang Anda derita terdeteksi, semakin besar juga peluang Anda untuk sembuh. Karena, penyakit kanker tiroid bukanlah jenis kanker yang sulit diobati. Asalkan cepat diatasi, kanker jenis ini sebenarnya memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi (liputan6.com).

Demikianlah informasi mengenai tanda dan gejala kanker tiroid yang harus Anda waspadai kehadirannya. Semoga, artikel di atas bermanfaat dan bisa membantu Anda mendeteksi dini penyakit ini.

SALAM SEHAT
Posted By : Obat Asam Urat

Gejala Kanker Tiroid

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.