Gejala Hepatitis B

Kenali gejala hepatitis B dan lakukan pengobatan sedini mungkin untuk mencegah kondisi yang lebih parah dari penyakit hepatitis B ini.

Hal ini karena, penyakit hepatitis B termasuk penyakit hati yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan dengan benar.

Karena itulah, dengan mengetahui gejalanya, Anda bisa segera melakukan tindakan pengobatan hepatitis B untuk menghindari kondisi yang lebih parah.

Inilah Beberapa Gejala Hepatitis B Yang Harus Anda Waspadai Kehadirannya

Gejala Hepatitis B

Penyakit hepatitis B terbagi menjadi dua jenis, akut dan kronis. Pada kebanyakan kasus hepatitis B akut, gejala yang muncul biasanya tidak signifikan. Bahkan, hepatitis B bisa muncul tanpa diserta dengan gejala apapun sampai berubah menjadi kronis (terinfeksi virus hepatitis B lebih dari 6 bulan).

Beberapa gejala hepatitis B yang harus Anda waspadai kehadirannya meliputi:

  1. Rasa lemas, lelah, atau letih sepanjang hari, seperti tidak memiliki gairah hidup
  2. Tidak mau makan dan menyebabkan berat badan tubuh Anda mengalami penurunan
  3. Mengalami demam tinggi yang mencapai 38ºC atau lebih
  4. Sakit kepala
  5. Badan, terutama otot dan persendian terasa nyeri
  6. Nyeri pada perut
  7. Mual dan muntah
  8. Ada rasa tidak nyaman pada bagian perut sebelah kanan, tepatnya di bawah tulang rusuk
  9. Terjadi perubahan pada warna urine yang lebih pekat dan warna tinja yang lebih pucat

Selain kondisi di atas, Anda juga harus waspada saat warna kulit, kuku, atau bagian putih pada mata mengalami perubahan warna menjadi ke kuningan. Kondisi tersebut juga termasuk gejala hepatitis B yang dikenal sebagai jaundice atau penyakit kuning.

Anda juga harus waspada saat Anda merasakan gatal pada tubuh Anda, apalagi jika gatal tersebut terasa semakin parah saat malam hari. Bisa jadi, kondisi tersebut tanda dari adanya kerusakan pada organ hati Anda.

Apabila Anda mendapati salah satu atau beberapa gejala hepatitis B di atas, ada baiknya Anda segera mengunjungi dokter, klinik, atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan. Tes bilirubin dan SGOT/SGPT mungkin akan dilakukan sebagai pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui kondisi liver (hati) Anda.

Baca juga informasi lainnya : Penyebab Hepatitis B

Demikianlah informasi mengenai gejala hepatitis B yang sebaiknya Anda ketahui. Semoga, artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap munculnya penyakit hepatitis B.

SALAM SEHAT
By : qncobatasamurat.com

Gejala Hepatitis B