Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal

Fungsi ginjal yang sangat vital membuat Anda harus benar-benar memperhatikan kesehatannya. Sering sekali gejala awal penyakit gagal ginjal diabaikan. Sehingga, baru terdeteksi ketika kondisinya sudah semakin parah.

Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal

Ilustrasi gambar untuk gejala awal penyakit ginjal – Sumber : www.distributor.jellygamatqncasli.com

Jika terlambat terdeteksi, Anda penderita gagal ginjal memiliki kemungkinan yang sangat besar diharuskan untuk cuci darah. Karena, ginjal Anda yang memang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, Anda sebaiknya tidak mengabaikan setiap gejala yang muncul, walau sekecil apapun. Karena, akan sangat membantu Anda dalam proses pemulihannya.

Semakin cepat suatu penyakit terdeteksi, semakin cepat juga pengobatan diberikan. Sehingga, dapat memperbesar peluang Anda untuk sembuh dan pulih kembali seperti sedia kala.

Oleh karena itu, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai tanda atau ciri-ciri penyakit gagal ginjal yang masih berada pada stadium awal. Ikuti terus, ya!

Inilah Beberapa Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Memang, pada sebagian besar kasus penyakit gagal ginjal gejalanya baru muncul secara signifikan setelah kondisinya semakin bertambah parah. Kendati demikian, masih ada beberapa gejala yang bisa Anda amati.

Gejala awal penyakit gagal ginjal tersebut diantaranya adalah:

1) Cepat Lelah

Anda tidak bisa mengabaikan rasa lelah dan lemah yang sering Anda alami, apalagi jika Anda memang sudah istirahat dengan cukup.

Hal ini bisa menjadi sinyal ada yang tidak beres dengan ginjal Anda. Karena, ginjal sendiri selain menyaring limbah dalam darah dan mengeluarkannya bersama urine, juga membuat erythropoietin, salah satu hormon yang diperlukan untuk membuat sel-sel darah merah.

2) Perubahan Yang Terjadi Saat Buang Air Kecil / Berkemih

Urine merupakan hasil pembuangan limbah yang disaring oleh ginjal. Nah, perubahan pada urine bisa menjadi indikasi awal adanya masalah yang terjadi pada ginjal. Yang harus Anda waspadai adalah:

  1. Anda jadi lebih sering buang air kecil atau berkemih dari biasanya, terutama pada saat malam hari
  2. Warna urine juga berubah. Tidak bening, tapi berwarna lebih keruh atau kuning kecoklatan
  3. Urine yang Anda keluarkan berbusa, sederhanya tampak berbuih
  4. Terdapat darah dalam urine Anda yang ditandai dengan warna urine yang menjadi lebih gelap atau merah

3) Gatal-Gatal Pada Kulit

Bukan hanya gangguan liver saja yang menyebabkan kulit gatal, ginjal juga. Saat ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik, limbah tubuh yang seharusnya keluar bersama urine akan keluar melalui darah dan menyebar ke kulit. Akibatnya, kulit Anda akan terasa gatal.

Rasa gatal tidak akan mudah sembuh dengan krim pereda gatal yang biasa Anda gunakan. Selain gatal, Anda juga bisa mengalami kulit kering.

4) Nyeri Pada Bagian Pinggang

Sebagian besar orang selalu mengaitkan sakit pinggang dengan penyakit ginjal. hal itu memang benar adanya. Namun, Anda juga harus bisa membedakan masa sakit pinggang biasa dengan sakit pinggang akibat penyakit ginjal.

Dikutip dari situs nationalgeographic.co.id, menurut Dr. dr. Nur Rasyid, Sp. U, Dokter Spesialis Urologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, rasa nyeri yang diderita pasien sakit pinggang yang disebabkan oleh ginjal tidak akan berpengaruh jika Ia berubah posisi.

Nyeri pinggang karena ginjal juga akan terasa lebih sakit jika bagian yang terasa nyeri tersebut ditekan atau dipijat.

5) Mual dan Muntah

Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal

Rasa mual yang berakih dengan muntah sering dianggap sebagai kondisi yang biasa terjadi. Parahnya, mual dan muntah tidak hanya menjadi bagian dari gangguan lambung saja, tapi juga ginjal.

Pada kasus penyakit ginjal, rasa mual konstan dan muntah berlangsung selama beberapa hari. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika Anda (penderita penyakit ginjal) mulai mengalami kulit gatal.

Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal Lainnya Yang Juga Harus Anda Waspadai

Selain kondisi di atas, ada beberapa ciri-ciri penyakit gagal ginjal lainnya yang juga harus Anda waspadai kehadirannya. tanda-tanda tersebut meliputi:

  1. Mulut Rasa Logam
  2. Nafsu makan menurun
  3. Napas pendek dan atau sesak napas
  4. Mengalami tekanan darah tinggi
  5. Bau napas tidak enak dan tercium seperti bau urine
  6. Bengkak di beberapa bagian tubuh
  7. Terjadinya kram otot, terutama pada otot bagian kaki
  8. Kulit pucat
  9. Mengalami gangguan tidur
  10. Pada pria, penderita akan mengalami disfungsi ereksi

Apabila Anda mendapati salah satu atau beberapa gejala di atas, Anda sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut, termasuk tes laboratorium (cek darah dan urine).

Baca Juga : Pengobatan Gagal Ginjal (Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan efek samping. Dikemas dalam produk QnC Jelly Gamat yang telah banyak terbukti keampuhan khasiatnya dalam mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk gagal ginjal akut maupun kronis)

Demikianlah informasi mengenai tanda dan gejala awal penyakit gagal ginjal di atas saya sampaikan. Semoga bisa membantu Anda menghindari kondisi yang lebih parah.

Salam Sehat
Supported Web By : qncobatasamurat.com

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.