Cara Mudah Mengontrol Gula Darah

Cara Mudah Mengontrol Gula Darah – Selain dengan mengkonsumsi ramuan brotowali yang rasanya sangat pahit, ada 6 cara mudah lainnya yang bisa membantu Anda mengontrol kadar gula darah.

Cara Mudah Mengontrol Gula Darah Pada Penderita Kencing Manis

Cara Mudah Mengontrol Gula Darah

Naik turunnya kadar gula darah menjadi salah satu problematika yang dihadapi oleh semua penderita kencing manis atau diabetes. Karenanya, penderita kencing manis harus pandai-pandai dalam menjaga makanan dan juga aktivitas sehari-harinya.

Tidak hanya penderita kencing manis, orang sehat tanpa diabetes pun terkadang mengalami lonjakan pada kadar gula darah mereka. Dan, tentu saja ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Apakah ada cara untuk mengontrol dan mengendalikan gula darah agar tetap normal?

Tentu saja ada. Selain menjaga asupan makanan Anda, seperti tidak mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah, Anda harus aktif dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Intinya, tubuh Anda harus bergerak, jangan hanya diam dan bermalas-malasan saja.

Pada penderita kencing manis, selain menjaga makanan, penting sekali untuk Anda melakukan terapi pengobatan untuk kencing manis. Ada juga beberapa cara mudah mengendalikan kadar gula darah lainnya yang bisa Anda lakukan di rumah.

Inilah 6 Cara Mudah Mengontrol Gula Darah Pada Penderita Kencing Manis

Di bawah ini ada beberapa cara dan tips untuk mengendalikan kadar gula darah Anda agar tidak mengalami lonjakan terus menerus.

Cara Mudah Mengontrol Gula Darah

1. OLAHRAGA

Sakit kencing manis bukan alasan untuk tidak melakukan olahraga. Dengan pengawasan dari dokter, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau jogging selama 20 sampai 30 menit setiap harinya.

Seorang profesor kinesiologi di Universitas Massachusetts di Amherst, Barry Braun, Ph.D mengatakan, pilihlah olahraga yang disukai agar Anda tidak merasa bosan saat melakukannya.

2. MAKAN SETIAP 2 SAMPAI 3 JAM SEKALI

Gula darah tidak hanya bisa meningkat, tapi juga turun. Nah, untuk membantu mencegah gula darah Anda turun, Anda bisa menyiasatinya dengan mekan setiap 2 sampai 3 jam sekali. Tentunya dengan konsumsi makanan ringan tanpa gula dengan jumlah yang tertakar.

Barry Braun, Ph.D juga mengatakan, bahwa gula darah turun menyebabkan dorongan rasa lapar yang tak terkendali. Karenanya, cara ini juga bisa mencegah Anda merasa lapar lebih cepat.

3. MENGGANTI CEMILAN ANDA DENGAN LABU ATAU BIJI BUNGA MATAHARI

Cara mengontrol gula darah lainnya yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah adalah mengganti camilan Anda dengan labu atau biji bunga matahari (kuaci).

Dari sebuah studi penelitian yang dilakukan di Tufts University pada tahun 2006 yang lalu, kedua jenis makanan tersebut kaya akan magnesium (bagian dari mineral yang dapat melawan resistensi insulin).

4. MENGHINDARI MINUMAN MANIS

Ada banyak sekali jenis minuman manis yang bisa mempengaruhi kadar gula darah Anda. Diantaranya ada soda, minuman penambah energi, dan minuman sejenisnya. Bahkan, alkohol. Karenanya, untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil, sebaiknya Anda tidak konsumsi minuman jenis ini. Air putih lebih di rekomendasikan untuk Anda.

5. MENAMBAHKAN KAYU MANIS PADA MENU MAKANAN ANDA

Kayu manis bisa Anda jadikan sebagai pengganti gula untuk menambah nikmat masakan Anda, baik pada appetizer, main course, maupun desserts. Sebuah studi menunjukan jika kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Ini berarti tubuh Anda membutuhkan lebih sedikit hormon insulin untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

6. SELALU MEMONITORING GULA DARAH ANDA

Melakukan monitoring gula darah secara rutin akan sangat membantu Anda dan memungkinkan Anda untuk mengetahui bagaimana makanan dan minuman tertentu —yang Anda konsumsi— mempengaruhi gula darah. And bisa melakukan hal ini 2 jam setelah makan. Pastikan kadar gula darah Anda tidak melebihi angka 139 mg/dL dan tidak kurang dari 100 mg/dL.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk mengontrol gula darah Anda. Bagaimana? Tidak sulit, kan? Semoga saja, setelah Anda mengetahui beberapa tips di atas, kadar gula darah Anda selalu terkendali.

Hidup sehat itu dimulai dari diri kita sendiri. Kalau bukan kita yang peduli dengan kesehatan tubuh kita sendiri, siapa lagi? Jadi, marilah kita memulai gaya hidup yang lebih sehat lagi.

_ Salam Sehat _

Posted by : Obat Ambeien

Cara Mudah Mengontrol Gula Darah