Cara Agar Terhindar Dari Penyakit Jantung

Mengetahui beberapa cara agar terhindar dari penyakit jantung dapat menurunkan risiko Anda untuk menderita penyakit tersebut dikemudian hari.

Dan, setelah kemarin saya membahas mengenai kisaran biaya operasi bypass jantung yang mahal sekali itu, sekarang saya akan membagikan informasi mengenai bagaimana caranya agar terhindar dari penyakit jantung.

Ikuti terus sampai selesai…

Sebelumnya, betapa penting sekali untuk kita semua memperhatikan kesehatan jantung. Pasalnya, jantung merupakan salah satu organ tubuh paling vital selain ginjal. Salah satu fungsinya untuk memompa darah agar darah yang mengandung oksigen mengalir dengan lancar, termasuk ke aliran darah di otak.

Maka dari itu, sudah seharusnya Anda mengetahui hal-hal apa saja yang harus dijauhi untuk menghindari risiko terkena penyakit jantung yang bisa berujung kematian ini.

Inilah Beberapa Cara Agar Terhindar Dari Penyakit Jantung

Cara Agar Terhindar Dari Penyakit Jantung

Gaya Hidup sehat Kunci Sukses Menghindari Penyakit Jantung – Sumber : Google image

Pertama, pastikan Anda mencari tahu riwayat penyakit jantung dalam keluarga Anda. Hal ini karena, seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarganya memiliki risiko lebih tinggi dari orang lain yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

Setelah itu, lakukan pemeriksaan atau medical ceheck-up secara berkala, termasuk tekanan darah, kadar kolesterol, gula darah, dan tentu saja memeriksakan kondisi jantung Anda.

Anda juga diharuskan untuk lebih peka dengan kondisi tubuh Anda. Pastikan Anda menyadari perubahan yang terjadi pada tubuh Anda walau sekecil apapun, misalnya Anda yang menjadi mudah lelah, kesulitan menarik napas dan sesak saat berbaring, atau sering ada nyeri pada bagian dada walau selewat-selewat.

Gejala lebih lengkapnya bisa Anda lihat dalam artikel berikut : Gejala Penyakit Jantung Yang Harus Diwaspadai

Cara agar terhindar dari penyakit jantung selanjutnya adalah belajar mengelola stres. Ini karena, saat stres melanda, misalnya karena tekanan pekerjaan atau hal lainnya, tubuh akan memproduksi adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih keras. Akibatnya, tekanan darah juga bisa ikut meningkat.

Memperbanyak konsumsi makanan sehat, terutama buah dan sayur yang mengandung serat, vitamin, mineral, antioksidan dan kandungan lainnya yang bagus untuk kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Buah-buahan dan sayuran juga termasuk makanan baik untuk jantung sehat.

Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau kolesterol tinggi. Pasalnya, jenis makanan tersebut tidak bagus untuk tekanan darah maupun kadar kolesterol Anda. Ujung-ujungnya, yang kena adalah jantung Anda.

Sebagai informasi, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi lama-kelamaan dapat menyebabkan pembuluh darah mengeras atau menyempit dan memicu aterosklerosis yang menjadi penyebab terbanyak dari jantung koroner.

Cara Agar Terhindar Dari Penyakit Jantung Lainnya:

  1. Rajin melakukan olahraga. Tidak perlu yang berat, yang ringan saja, seperti bersepeda, jogging atau berjalan kaki
  2. Perbanyak konsumsi air putih
  3. Hindari makanan berpengawet, tinggi gula dan atau tinggi garam
  4. Berhenti merokok
  5. Rajin membersihkan gigi dan mulut secara teratur, minimal 2 kali sehari
  6. Bagi penderita hipertensi </> tekanan darah tinggi, rutinlah melakukan pemeriksaan terhadap tekanan darah Anda
  7. Konsumsi obat secara teratur (bagi yang sudah punya penyakit jantung)

Nah, irulah beberapa cara agar terhindar dari penyakit jantung yang bisa Anda lakukan. Intinya, merubah pola atau gaya hidup menjadi lebih sehat kunci dari terhindar dari penyakit jantung.

Terima kasih sudah menyimak. Semoga bermanfaat dan membantu Anda terhindar dari penyakit jantung ini.

Posted By : qncobatasamurat.com

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.