Biaya Operasi Bypass Pada Penderita Jantung Koroner

Biaya Operasi Bypass Jantung Koroner – Pada kasus penyakit jantung yang sudah parah dapat dilakukan tindakan operasi untuk mengatasinya. Dan, operasi bypass adalah tindakan yang paling sering dilakukan pada penderita jantung dengan indikasi utama adanya penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah arteri koroner.

Biaya Operasi Bypass Jantung Koroner

Gambar Ilustrasi Jantung – Sumber : MayoClinic.org

Namun, ada baiknya sebelum Anda melakukan tindakan operasi bypass jantung tersebut, Anda mempertimbangkan beberapa hal, termasuk biaya, metode operasi yang akan diambil serta risikonya.

Selain manfaatnya untuk membantu mengatasi penyakit jantung yang saat ini Anda atau orang tua Anda derita, Anda juga harus tahu risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi setelah melakukan tindakan medis operasi.

Di bawah ini ada beberapa kelebihan (manfaat) dan juga risiko serta komplikasi operasi bypass jantung koroner.

Kelebihan / Manfaat Operasi Bypass Jantung Koroner

  1. Dapat mengatasi gejala jantung koroner maupun nyeri dada atau angina sekalipun dengan efektif cepat
  2. Membantu penderita jantung untuk bisa kembali beraktivitas secara normal sampai 10 atau 15 tahun ke depan (Namun, pada sebagian besar kasusus, apabila terjadi penyumbatan kembali setelahnya harus dilakukan operasi bypass lagi)
  3. Dengan bantuan operasi bypass dapat memperpanjang kesempatan hidup pasien jantung, termasuk penderita jantung koroner yang sudah parah sekalipun.
  4. Memperbaiki kondisi jantung pasien dengan mengatasi permasalahannya, yaitu penyumbatan atau penyempitan pada arteri serta pelemahan pada ventrikel kiri.

Risiko dan Komplikasi Operasi Bypass Jantung Koroner

Setiap tindakan pengobatan selalu ada risikonya, termasuk dengan operasi bypass pada penderita jantung koroner. Meskipun sebagian besar mendapatkan hasil yang memuaskan, beberapa risiko yang tidak boleh Anda lupakan adalah:

Angka kematian pada penderita jantung koroner setelah operasi bypass dengan usia 65 tahun ke bawah tak sampai 1 persen, tapi pasien di atas usia tersebut akan lebih berisiko.

Para pasien yang sudah lanjut usia akan lebih berpotensi gagal saat menjalani operasi bypass, apalagi dengan keadaan diabetes, jantung yang sudah rusak, atau sebelumnya sudah menempuh jalur operasi jantung. Bahkan ada juga beberapa kasus di mana pasiennya mengalami komplikasi serius dengan sedikit menghambat aliran darah normal.

Sumber : halosehat.com

Menurut Jurnal Kardiologi Universitas Amerika, pada sebagian kecil pasien penderita jantung yang melakukan operasi juga dapat mengalami stroke selama proses operasi. Komplikasi lainnya yang cukup umum terjadi meliputi:

  1. Angina yang tidak stabil
  2. Aritmia
  3. Darah Tinggi
  4. Gagal jantung
  5. Diabetes
  6. Kerusakan ginjal, termasuk gagal ginjal.

Maca-Macam Operasi Bypass Jantung Koroner

Biaya Operasi Bypass Jantung Koroner

Ilustrasi Ruangan Operasi Bypass – Sumber Gambar : Vostok.Today

1. On-Pump Coronary Artery Bypass Grafting

Tindakan operasi dengan metode ini untuk menggantikan peran jantung yang dihentikan sementara selama proses operasi, dokter menggunakan mesin jantung-paru (heart-lung machine) untuk membantu memudahkan pemasangan graft.

2. Off-Pump Coronary Artery Bypass Grafting

Metode atau teknik operasi yang satu ini adalah yang paling sering di pakai oleh ahli bedah jantung. pada off-Pump ini dokter tidak menggunakan mesin jantung-paru melainkan alat penstabil jantung yang memudahkan ahli bedah melakukan pemasangan graft tanpa terganggu dengan denyut jantung.

3. Minimally Invasive Direct Coronary Artery Bypass Grafting

Teknik ini termasuk teknik paling baru dan masih jarang dilakukan. Pada teknik operasi bypass ini hanya memerlukan beberapa sayatan kecil pada sisi sebelah kiri di antara tulang iga. Biasanya dilakukan hanya untuk pembuatan bypass graft untuk satu pembuluh darah di depan.

Lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan operasi bypass pada penderita jantung umumnya 3-6 jam. Tergantung dari kondisi masing-masing pasien.

Berapa Biaya Operasi Bypass Jantung Koroner di Rumah Sakit Indonesia?

Biaya operasi byypas pada penderita jantung koroner termasuk mahal. Anda harus merogoh saku dalam-dalam. Karena, tidak hanya bernominal puluhan juta, melainkan ratusan juta rupiah.

Di Rumah Sakit Siloam saja, Anda setidaknya harus mengeluarkan biaya Rp 150 juta untuk tindakan operasi bypass. Biaya tersebut belum termasuk biaya perawatan sebelum dan pasca operasi, konsultasi dokter, obat-obatan, laboratorium dan lain-lain.

Sementara untuk melakukan operasi Bypass di luar negeri, seperti Singapura, Malaysia atau Thailand, Anda setidaknya harus menyiapkan biaya antara Rp 250 – 500 jutaan.

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk kita tetap menjaga kesehatan jantung, termasuk dengan melakukan olahraga untuk penderita jantung, menjaga asupan makanan dan rutin melakukan medical check-up.

Apakah Biaya Operasi Bypass Untuk Penderita Jantung Koroner Bisa Ditanggung BPJS?

Dari bebrapa sumber informasi yang saya dapatkan, BPJS dapat menanggun biaya operasi bypass, tentunya dengan mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Mulai dari melakukan pemeriksaan di faskes 1 sampai dengan faskes 3. Anda juga perlu menyiapkan beberapa berkas, diantaranya:

  1. Kartu BPJS
  2. KTP sesuai yang tecantum di BPJS
  3. Kartu berobat (jika belum punya kartu berobat, Anda harus daftar terlebih dahulu di RS yang Anda datangi)
  4. Surat Rujukan dari faskes 1

Nah, itulah informasi mengenai biaya operasi bypass jantung koroner di beberapa Rumah Sakit yang ada di Indonesia, termasuk di kota Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan kota lainnya.

Posted By : www.qncobatasamurat.com

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.