Biaya Cuci Darah Terbaru

Biaya Cuci Darah – Memiliki ginjal yang sehat tentu menjadi keinginan semua orang. Namun, tidak semua orang beruntung. Beberapa diantaranya harus mengalami gagal ginjal, bahkan sampai mengharuskan penderitanya melakukan cuci darah.

Cuci darah biasanya harus dilakukan saat ginjal penderita benar-benar tidak bisa lagi berfungsi dengan baik. Sehingga, penderita membutuhkan batuan alat lain untuk membersihkan darah dari limbah guna membantu memperpanjang harapan hidup penderita.

Biaya Cuci Darah

Seorang pasien yang sedang menjalani cuci darah atau hemodialisis (Sumber : kidney.org.au)

Yang menjadi masalah adalah, tidak semua penderita gagal ginjal mampu melakukan prosedur tersebut. Karena, biayanya yang cukup mahal untuk sekali cuci darah.

Bagi yang belum tahu, di sini kami akan memberikan informasi seputar kisaran biaya cuci darah di beberapa Rumah Sakit yang tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia.

Inilah Kisaran Biaya Cuci Darah di Rumah Sakit Besar di Indonesia

Sebelum saya memberikan kisaran biaya cuci darah yang harus Anda keluarkan, ada baiknya Anda memahami dulu mengenai cuci darah, walaupun hanya sekilas.

Sebenarnya, apa itu cuci darah?

Cuci darah atau hemodialisis ini dilakukan saat ginjal tidak lagi bisa berfungsi dengan baik dalam menjalankan tugasnya untuk menyaring limbah (garam maupun partikel lainnya) dalam darah. Sehingga, tugasnya digantikan oleh mesin yang disebut dialisis.

Prosedur cuci darah biasanya dilakukan di rumah sakit dan berlangsung selama tiga hingga lima jam. Dalam satu minggu, pasien gagal ginjal mungkin harus melakukan cuci darah lebih dari sekali, tergantung dari kondisi dan kebutuhan medis Anda.

Kenapa penderita gagal ginjal harus melakukan cuci darah?

Darah yang sehat adalah yang bersih dari produk limbah. Nah, membersihkan darah dari limbah merupakan tugas ginjal. Jika tidak disaring, maka produk-produk sisa dan garam dalam tubuh akan menumpuk dalam darah dan mengendap menjadi racun.

Kondisi tersebut akan sangat membahayakan penderitanya apabila tidak segera ditangani.

Berapa Biaya Cuci Darah yang Harus Dikeluarkan Penderita Gagal Ginjal?

Biaya Cuci Darah

Dialisis, mesin untuk melakukan cuci darah

Biaya cuci darah di Rumah Sakit setiap kota, baik itu di Jakarta, Bandung, Makassar, Solo, Bangka Belitung, Lampung, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, maupun kota lainnya di Indonesia berbeda-beda.

Untuk melakukan satu kali cuci darah, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 600 – 700 ribuan. Kalau misalkan dalam satu minggu harus melakukan 3 kali cuci darah, berarti Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 1,8 juta – 2,1 juta, Kalau dikalikan sebulan? Bisa lebih dari 8 juta.

Memang cukup mahal. Apalagi bukan tanpa risiko. Karena, Anda mungkin saja mengalami hal-hal berikut:

  1. Gatal-gatal
  2. Anemia
  3. Kadar kalium tinggi dalam darah
  4. Kesulitan tidur
  5. Tekanan darah rendah
  6. Kram otot
  7. Pericarditis (inflamasi membran di sekitar jantung)
  8. Depresi

Maka dari itu, bagi Anda yang masih memiliki ginjal yang sehat, jagalah terus ginjal Anda dengan memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi dan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Dan Anda penderita gagal ginjal, pastikan juga Anda mengetahui apa saja anjuran dan pantangan makanan untuk penderita gagal ginjal, ya!

Demikianlah informasi mengenai kisaran biaya cuci darah atau hemodialisis di atas kami sampaikan. Semoga membantu ya 🙂

Supported Web :

www.qncobatasamurat.com

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.