Ini Bedanya Pilek Biasa Dengan Pilek Karena Sinusitis

Beda Pilek Biasa Dengan Sinusitis – Masih banyak yang belum bisa membedakan antara pilek biasa dengan pilek karena sinusitis.

Wajar saja, karena pilek dan sinusitis memiliki gejala yang serupa, contohnya : hidung tersumbat, bersin-bersin, dan demam.

Meskipun begitu, ada beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui antara pilek biasa dengan sinusitis. Apa sajakah perbedaanya?

Ini Dia Beda Pilek Biasa Dengan Sinusitis

Mulai dari penyebabnya saja sudah berbeda. Apabila pilek biasa atau flu disebabkan oleh virus, maka sinusitis disebabkan oleh infeksi bakteri.

Beda Pilek Biasa Dengan Sinusitis

Meskipun beberapa gejala sama, ada beberapa gejala tambahan yang membedakan pilek biasa dengan sinusitis. Gejala-gejala tersebut meliputi:

Flu/Pilek Biasa Flu/Pilek Karena Sinusitis
  1. Sakit kepala
  2. Lendir yang keluar dari hidung berwarna jernih
  3. Sakit tenggorokan
  4. Merasa lelah
  5. Batuk
  1. Ingus atau lendir yang keluar dari hidung berwarna lebih hijau atau kekuningan
  2. Sakit kepala yang parah
  3. Nyeri pada aea wajah, mata, dahi, dan pipi
  4. Nyeri bisa bertambah parah saat di tekan atau saat sujud
  5. Bau mulut
  6. Pusing
  7. Menurunnya indera penciuman
  8. Rasa lelah
  9. Susah napas

Bedanya pilek biasa dengan pilek karena sinusitis lainnya adalah lama gejala tersebut bertahan. Pada pilek biasa, umumnya gejala akan menghilang dalam waktu 3-5 hari, sedangkan pada kasus pilek karena sinusitis, gejala bisa bertahan lebih dari satu minggu, bahkan sampai berbulan-bulan.

Pentingnya Mengetahui Bedanya Pilek Biasa Dengan Pilek Karena Sinusitis

Beda Pilek Biasa Dengan Sinusitis

Mengetahui bedanya pilek biasa dengan sinusitis juga termasuk penting. Ini karena, pilek dan sinusitis membutuhkan penanganan yang berbeda.

Pilek biasa mungkin akan sembuh dengan hanya istirahat cukup, banyak minum air putih, dan konsumsi obat flu biasa. Namun, beda halnya dengan sinusitis yang membutuhkan perawatan tambahan, seperti:

  1. Antibiotik
  2. Obat pereda nyeri
  3. Dekongestan
  4. Koritkosteroid nasal, serta
  5. Operasi sinusitis jika kondisinya sudah sangat parah

Selain dari melihat gejala antara pilek biasa dengan sinusitis di atas, untuk lebih memastikannya, apalagi jika gejalanya bertahan lebih dari satu minggu, Anda bisa segera mendatangi dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Anda Juga Perlu Tahu Ini : Komplikasi Sinusitis

Bagaimana? Sekarang Anda sudah tahu apa saja bedanya pilek biasa dengan sinusitis? Saya harap, dengan melalui artikel ini, Anda lebih peka lagi dengan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Segera obati sebelum terlambat! Semakin cepat penanganan diberikan, semakin besar peluang Anda untuk sembuh.

Demikian informasi mengenai perbedaan pilek biasa dengan sinusitis yang bisa saya share di sini. Semoga, artikel kesehatan ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya (Aamiin).

Salam Sehat
By : Obat Sinusitis